Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2012, 14:15 WIB

KOMPAS.com Tuberkulosis (TB) saat ini masih menjadi epidemi di seluruh dunia. Pada tahun 2010 diperkirakan 8,8 juta orang terinfeksi dan 1,4 juta di antaranya meninggal. Penyakit yang menyerang paru tersebut dilaporkan makin kebal obat antibiotik.

Dalam studi internasional yang dimuat di jurnal medis The Lancet, para ilmuwan mengingatkan makin banyaknya kasus TB kebal obat di Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika Latin.

Kasus TB resistan multi-obat atau multidrug-resistant TB (MDR-TB) dan TB resistan obat atau extensively drug-resistant TB (XDR-TB) ternyata jauh lebih besar dari yang selama ini diperkirakan sehingga diperlukan upaya global untuk mencegah penyebaran penyakit.

"Selama ini penelitian menunjukkan kasus MDR-TB sekitar 5 persen, tetapi prevalensinya kini sampai 10 kali lebih tinggi di beberapa negara," kata Sven Hoffner dari Swedish Institute untuk pencegahan penyakit menular.

Penyakit TB yang kebal terhadap obat jauh lebih sulit diatasi dan membutuhkan biaya besar. Selain itu, penyakit TB resistan obat juga kerap berakhir fatal.

MDR-TB berarti resistan atau kebal pada sedikitnya dua jenis obat lini pertama, sementara XDR-TB adalah resistan pada dua jenis obat yang termasuk dalam antibiotik kuat.

Tuberkulosis normal atau tidak kebal obat saja memerlukan waktu yang panjang, dan pasien harus mengonsumsi antibiotik tanpa henti selama enam bulan. Kebanyakan pasien gagal menjalani seluruh terapi karena banyaknya kasus resistansi obat.

Penelitian yang dilakukan di Estonia, Latvia, Peru, Filipina, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, dan Thailand menunjukkan hampir 44 persen kasus MDR-TB juga resistan pada salah satu obat lini kedua.

Menurut Tracy Dalton dari pencegahan dan pengendalian penyakit AS, kasus XDR-TB dilaporkan di 77 negara. Penyebaran strain kuman yang resistan pada obat tersebut mengkhawatirkan, terutama jika terjadi di area yang kebersihannya rendah, dan akses terhadap obat juga terbatas.

"Makin banyak orang yang didiagnosis TB dan diterapi untuk TB resistan obat, makin kebal ia pada obat-obatan lini kedua," katanya.

Infeksi bakteri TB akan merusak jaringan paru-paru sehingga pasien menderita batuk dan sesak napas. Bakteri mudah ditularkan melalui udara. Menurut para ahli, orang yang terinfeksi TB aktif dapat menularkan penyakitnya kepada 10-15 orang setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com