Hormon HCG Tinggi Bikin Bumil Mual

Kompas.com - 02/09/2012, 08:41 WIB

KOMPAS.com - Dua garis pada test pack sebagai penanda bahwa Anda positif hamil, tak terlepas dari peran hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin). Terjadinya kehamilan berjalan beriringan dengan meningkatnya hormon HCG. Tak heran kalau HCG disebut sebagai hormon utama yang berperan pada kehamilan.

Hormon ini diproduksi setelah terjadi pembuahan serta adanya jaringan plasenta yang terbentuk di awal pertumbuhan janin. Kadar HCG akan meningkat pada usia 10-12 minggu pertama kehamilan, selanjutnya menurun dan akan stabil hingga menjelang proses persalinan. Hormon ini terdapat dalam darah dan urine ibu hamil.

Fungsi
Hormon HCG berfungsi menjaga atau mempertahankan kehamilan seperti penguat, terutama pada usia kehamilan muda. Dengan begitu, janin dapat menempel pada rahim bumil.

Efek
Kadar HCG yang tinggi pada trimester pertama umumnya menimbulkan rasa mual. Jadi, jangan heran kalau di rentang 1-3 bulan usia kehamilan, bumil mengalami morning sickness.

Karena hormon ini meningkat juga di peredaran darah daerah panggul, bumil jadi merasakan selalu ingin berkemih.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Editorwawa
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X