Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2012, 14:11 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan di bagian belahan dunia lain pasti memiliki rahasia tersendiri dalam merawat kecantikannya. Nah, seperti perempuan Indonesia dengan lulur, jamu dan rempah-rempahnya, perempuan dari belahan dunia lain juga meiliki rahasia kecantikan yang berasal dari alamnya.

Kunyit
Bumbu yang memberikan warna khas kari, ternyata merupakan antiseptik dengan sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Di India, tradisi umum bagi calon pengantin perempuan dan laki-laki untuk luluran dengan pasta kunyit dan chickpea flour sebelum hari pernikahan mereka. Kunyit terkenal kekuatannya dalam membunuh kuman sedangkan chickpea flour membantu mengelupaskan kulit mati sekaligus melembapkan.

Pepaya
Salep pepaya yang terbuat dari pepaya, umumnya digunakan sebagai obat di Australia. "Mengatasi kulit terbakar, gigitan serangga, gatal-gatal dan kulit pecah-pecah dan bibir kering. Saya selalu memilikinya di rumah. selain itu saya sering mengoleskan pada kutikula agar lembap," ujar ahli kecantikan dari HuffPost, Carmindy.

Argan oil
Argan oil telah lama dikenal perempuan Afrika sebagai keajaiban alam, dan sekarang menjadi terkenal di negara Barat juga. Diproduksi secara eksklusif oleh perempuan Berbere di Maroko, minyak ini diekstrak dari pohon Argan. Mempunyai kandungan tinggi vitamin E dan asam lemak lainnya. Ia memiliki sifat anti-aging yang sangat baik. Argan oil merupakan pelembap yang sangat baik dan diyakini mampu mengatasi problem kulit seperti jerawat hingga keriput. "Perempuan Maroko memiliki rambut yang indah karena mereka rutin menuangkan argan oil di kepalanya," kata Carmindy

Monoi oil
Bunga tahitian gardenia dan minyak kelapa yang dikenal dengan Monoi oil digunakan oleh perempuan Tahiti untuk menenangkan dan melindungi rambut serta kulit mereka. "Saya belum pernah melihat perempuan yang memiliki rambut dan kulit yang indah serta harum," kata Carmindy.

Camellia Nut Oil

Menurut ahli kecantikan Shalini Vadhera, camellia nut oil atau biji teh digunakan oleh perempuan Jepang sebagai antioksidan, untuk memelihara dan melembapkan kulit, mengobati luka bakar, stretch mark dan memperkuat kuku. Camellia nut oil mengandung vitamin E yang tinggi, antioksidan dan asam oleat. "Dua tetes minyak camellia dicampur dengan satu sendok makan sake dapat membuat kulit lebih halus," tulis Vadhera dalam buku Passport To Beauty.

Alpukat
Terkenal akan kandungan lemak dan vitamin E nya yang tinggi, alpukat bukan hanya terasa lezat juga baik bagi kecantikan Anda Anda. Perempuan Amerika Selatan menggunakan buah untuk menyehatkan kulit dan rambut mereka. "Hampir semua bagian dari alpukat dapat digunakan dalam perawatan kecantikan," kata Jessica Harris dalam buku World Beauty Book. Ambil kulit dan gosok pada wajah Anda. Tekstur sedikit kasar dari bagian dalam kulit alpukat akan membantu pengelupasan kulit mati. Selain itu kulit tersebut  kaya dengan minyak alpukat." Carmindy merekomendasikan masker wajah yang terbuat dari alpukat dan madu. "Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan alpukat bekerja melembapkan kulit."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com