Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2012, 10:40 WIB

TANYA :

Prof, saya mau bertanya . Apakah baik jika sperma ditahan agar tidak jadi keluar, misalnya  saat hendak mencapai klimaks dimana sperma semestinya keluar tapi ditahan supaya tidak keluar? Itulah yang saya alami Prof.. Saya tidur dan bermimpi porno, dimana efeknya akan mimpi basah, ketika sperma nya mw keluar, saya bangun dan berusaha supaya sperma tersebut tidak jadi keluar.  Padahal seharusnya memang harus keluar karena sudah mencapai klimaksnya..Apakah hal tersebut baik atau berakibat fatal Prof..? Terimakasih Prof atas jawabannya.

(Roni, 28, Medan)

JAWAB :

Ejakulasi atau keluarnya sperma terjadi bersamaan dengan orgasme. Tetapi ejakulasi dan orgasme adalah dua peristiwa yang berbeda, bukan satu peristiwa. Kalau ketika merasakan orgasme, Anda menahan agar ejakulasi tidak terjadi, itu bukan masalah. Tidak ada akibat buruk apapun yang akan terjadi karena menahan terjadinya ejakulasi.

Tetapi juga tidak ada gunanya menahan agar tidak terjadi ejakulasi. Jadi tidak ada manfaat apapun dengan menahan agar tidak terjadi ejakulasi. Namun cara mengontrol ejakulasi merupakan salah satu cara untuk mengatasi ejakulasi dini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com