Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Berwarna Biru Bikin Karyawannya Kreatif?

Kompas.com - 16/09/2012, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Menstimulai ide para karyawan tidak harus dengan membuat sebuah ruangan kerja tampil futuristik. Ada cara lebih mudah dan murah untuk merangsang ide out of the box dari masing-masing karyawan.

Dalam ScienceDaily edisi 6 Februari 2009 lalu, sebuah penelitian dari Universitas British Columbia menemukan, bahwa warna dapat meningkatkan kinerja otak.

"Penelitian terdahulu menemukan, bahwa warna biru dan merah dapat meningkatkan performa kognitif. Namun, dari antara kedua warna tersebut tidak dapat ditentukan mana yang memberikan peningkatan terbesar," kata Juliet Zhu, dari Sauder School of Business UBC.

"Sangat bergantung pada jenis tugasnya," jelas Zhu.

Warna merah dapat meningkatkan performa sebensar 31 persen dalam pekerjaan dan tugas yang membutuhkan detail tinggi, seperti mengingat dam mengecek fakta. Di sisi lain, warna biru mampu menstimulasi hasil kreatif.

Lingkungan yang didominasi oleh warna biru cocok untuk kegiatan brainstorming. Lingkungan ini dua kali lebih banyak memproduksi ide dibandingkan lingkungan yang didominasi warna merah.

Warna biru membuat orang yang melihatnya berfikir di "luar kotak" dan menjadi kreatif. Hal ini, menurut Zhu, karena warna biru mengingatkan orang pada langit, laut, dan air.

Biru diasosiasikan pada keterbukaan, kedamaian, dan ketenangan. Zhu menambahkan, orang yang melihat warna ini merasa nyaman dan tidak takut mengeluarkan ide kreatifnya.

Jadi, selain membuat sebuah ruangan mini dari polikarbonat, mengecat kantor atau ruang rapat dengan warna biru bisa jadi memberikan peluang sama. Keduanya dapat mendorong karyawan mengeluarkan ide-ide segar dalam proses kreatif. Cara ini lebih mudah, murah, dan tidak rumit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com