Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2012, 12:06 WIB

KOMPAS.com - Jelang waktu melahirkan, bumil biasanya mulai tak sabar untuk berbelanja berbagai kebutuhan bayi. Sebaiknya buat daftar belanja, agar Anda benar-benar membeli barang yang memang dibutuhkan, bukan sekadar keinginan.

Menurut Franka Franklin, manajer e-commerce Kanmo Retail Group, ada beberapa produk yang paling banyak dibeli calon orangtua dalam mempersiapkan kehadiran si buah hati. Para calon orangtua ini juga menyiapkan anggaran khusus untuk memenuhi kebutuhan bayi. Mulai Rp 1 juta hingga belasan juta tergantung jenis barang yang dibelinya.

"Kalau untuk dipakai pribadi, bukan kado, belanjanya biasanya lebih banyak mulai Rp 1 juta hingga belasan juta untuk stroller dan kebutuhan lainnya," jelas Franka dalam peluncuran toko online kebutuhan ibu dan anak di Glasshouse, Hotel Ritz-Carlton Pasific Place Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kalau Anda punya anggaran khusus untuk belanja kebutuhan bayi, lima produk bayi paling banyak dibeli ini bisa menjadi panduannya:

1. Pakaian. Baju, celana, hingga baju tidur bayi berada di urutan nomor satu, produk bayi paling banyak dibeli. "Sleep suit paling laris di Mothercare," jelas Franka.
2. Stroller. Kebutuhan akan kereta dorong juga dianggap penting oleh para calon orangtua. Apalagi untuk anak pertama. Biasanya, untuk anak kedua dan selanjutnya, orangtua menggunakan stroller milik si kakak. Namun untuk anak pertama, stroller menjadi salah satu kebutuhan utama untuk si buah hati.
3. Car seat. Perlengkapan yang satu ini penting bagi para orangtua kalangan urban, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Mengajak buah hati jalan-jalan ke mal, atau mengujungi kerabat menjadi bagian dari gaya hidup. Alasan keselamatan dan kenyamanan bayi lebih menjadi tujuan utama akan kebutuhan ini.
4. Perawatan tubuh bayi. Bayi juga butuh perawatan kulit dan tubuh. Kulit bayi yang masih sangat sensitif membutuhkan produk perawatan khusus yang juga aman saat dipakai. Tak hanya sabun, sampo, bedak, berbagai perawatan tubuh dan kulit seperti tabir surya untuk bayi juga tersedia dan dibeli pada orangtua.
5. Nursery. Kategori nursery di antaranya adalah selimut, bantal dan lainnya. Produk ini juga termasuk dalam lima besar kebutuhan bayi paling banyak dibeli. Setiap orangtua tentu menginginkan bayi selalu merasa nyaman, bukan?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com