Pola Makan Menyeimbangkan Asam Basa - Kompas.com

Pola Makan Menyeimbangkan Asam Basa

Kompas.com - 22/09/2012, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Diet dengan food combining diciptakan oleh Dr William Howard Hay, pendiri The East Aurora Sun and Diet Sanatorium, New York. Dalam food combining, kombinasi makanan juga dipilih berdasarkan kebutuhan enzom pencernaan yang bekerja dalam kondisi asam basa.

Pasalnya ada enzim yang bekerja efektif pada kondisi basa, ada yang efektif pada kondisi asam. Di sisi lain, ada makanan yang efektif dicerna pada kondisi basa dan ada yang efektif dicerna pada kondisi asam.

Selain pengelompokkan asam basa, makanan juga dibangi menjadi lima kelompok berdasarkan kandungannya, yaitu zat pati (roti, nasi, mie), protein, sayuran, kelompok netral, dan buah-buahan.

Kelima kelompok makanan ini bisa dimakan bersamaan dalam pola food combining, kecuali zat pati dan protein hewani tidak disarankan dikonsumsi bersamaan. Sebab untuk mencerna hidangan pati dibutuhkan enzim yang efektif bekerja pada kondisi basa, sedangkan protein hewani pada kondisi asam.

Meskipun hidangan pati dan protein hewani membutuhkan enzim berbeda, keduanya sama-sama pembentuk asam. Karene itu, hidangan tersebut harus dikombinasikan dengan hidangan pembentuk basa, yaitu sayuran segar.

Konsumsi sayuran segar ini disarankan tiga kali porsi hidangan pati atau tiga kali hidangan hewani. Tujuannya agar keseimbangan asam basa tubuh tercapai optimal, sehingga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh pun terjaga.

Selain protein hewani, makanan pembentuk asam adalah lemak dan minyak. Sementara produk pembentuk basa yaitu buah-buahan, sayuran, kentang yang direbus dengan kulitnya, susu mentah, kedelai, tauge, dan kacang-kacangan.

Berikut kombinasi makanan tepat sesuai food combining:
* Pati dan lemak: Roti yang dilapisi sedikit mentega adalah perpaduan tepat.
* Protein dan lemak: Ayam, daging, atau ikan yang dipanggang, dibakar, atau dikukus.
* Lemak dan asam: Misalnya, opor ayam bisa diakhiri dengan minuman perasan air jeruk. Ini bisa mengencerkan lemak sehingga mudah dicerna.
* Gula dan asam: Contohnya, kombinasi yogurt murni dengan campuran madu murni atau buah asli. Kombinasi ini akan melancarkan pencernaan.
* Pati dan pati: Dalam food combining, makan nasi dan mie termasuk perpaduan serasi, namun tetap disarankan tidak menyantapnya dalam jumlah banyak. Pasalnya, kemampuan tubuh menyimpan pati terbatas. Kalau kebanyakan, tubuh  akan menyimpannya dalam bentuk lemak.


Diet dengan food combining, prinsipnya adalah makanan yang disantap diselaraskan dengan mekanisme alami tubuh manusia. Ini bertujuan untuk meringankan kerja pencernaan, sekaligus efisiensi pemakaian energi.

(Majalah Chic/Bestari Kumala Dewi)

 

Editorwawa
Close Ads X