Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2012, 11:15 WIB

KOMPAS.com -  Mengetahui tingkat kematangan daging sebenarnya tidak sulit. Karena pada dasarnya beberapa bagian daging tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. "Saat terbaik untuk memasak daging adalah saat daging masih fresh dan belum disimpan di lemari es," ungkap Sharone Hakman, MasterChef US Season 1, saat berkunjung di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Daging yang segar akan mempermudah dan mempercepat proses pemasakannya. Sayangnya, setelah membeli daging Anda tak langsung mengolah semua daging dalam sekali masak. Sisa daging ini biasanya disimpan di freezer, dan baru diolah lagi beberapa hari kemudian. Sharone mengungkapkan, sekalipun daging tidak rusak, namun kualitas dan jus-nya akan berkurang.

Pastikan Anda mengolah daging saat daging sudah tidak beku dan dingin lagi. Daging yang masih beku akan mempersulit Anda untuk memotongnya. Selain itu, kandungan es yang ada di dalam daging akan membuat daging sulit matang. "Biasanya, daging akan matang di bagian luar namun masih mentah dan beku di dalamnya," jelasnya. Ini akan menyebabkan jus dalam daging ini tidak bisa keluar dan daging menjadi lebih kering saat disantap.

Karena itu, sebelum mengolahnya, daging sebaiknya didiamkan di suhu ruangan selama 30-40 menit. Ini berfungsi untuk menghilangkan semua es yang ada di dalam daging. Setelah daging tidak beku, pastikan wajan dan minyak untuk memasaknya sudah benar-benar panas agar daging matang sempurna dan jus-nya masih ada di dalam daging. Minyak dan wajan yang belum panas saat mengolah daging akan membuat daging menyerap minyak terlalu banyak dan jus-nya mudah hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com