Kompas.com - 04/10/2012, 11:41 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)menganugerahkan penghargaan bagi desainer kenamaan Indonesia Ramli dan tiga perajin sulam, atas dedikasi mereka dalam mengembangkan dan mempopulerkan kerajinan sulam di Indonesia. Pengahargaan diberikan Ketua Umum Dekranas Ny Herawati Boediono, Kamis (4/10/2012), saat pembukaan Festival Sulam Internasional di Jakarta Convention Center.

Desainer Ramli meraih penghargaan atas jasanya selama 37 tahun berkecimpung di bidang mode dan selalu menjadikan sulam sebagai kekhasannya. Ramli melalui adikarya rancangannya, dianggap telah mempopulerkan sulam Indonesia di Tanah Air dan mancanegara. Peraih penghargaan lainnya adalah Hj Rukayah Ahmad, perajin sulam dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rukayah berkecimpung dan mengembangkan sulam khas Sumbar sejak 1980.

Hj Rohani Suparto, perajin sulam dari Yogyakarta meraih penghargaan atas kreativitas dan konsistensinya mengembangkan kerajinan sulam dengan motif wayang, Terakhir, penghargaan diberikan kepada Hj Anisma Asri dari Bukit Tinggi (Sumbar). Anisma pada awalnya menggeluti kerajinan sulam untuk menambah penghasilan bagi keluarganya. Kini, setelah sekian puluh tahun menggeluti kerajinan sulam, usahanya berkembang dan dapat menampung 662 keluarga kurang mampu yang selanjutnya bekerja sebagai perajin sulam.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X