Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desainer Ramli dan Tiga Perajin Sulam Raih Penghargaan

Kompas.com - 04/10/2012, 11:41 WIB
Christoporus Wahyu Haryo P

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas)menganugerahkan penghargaan bagi desainer kenamaan Indonesia Ramli dan tiga perajin sulam, atas dedikasi mereka dalam mengembangkan dan mempopulerkan kerajinan sulam di Indonesia. Pengahargaan diberikan Ketua Umum Dekranas Ny Herawati Boediono, Kamis (4/10/2012), saat pembukaan Festival Sulam Internasional di Jakarta Convention Center.

Desainer Ramli meraih penghargaan atas jasanya selama 37 tahun berkecimpung di bidang mode dan selalu menjadikan sulam sebagai kekhasannya. Ramli melalui adikarya rancangannya, dianggap telah mempopulerkan sulam Indonesia di Tanah Air dan mancanegara. Peraih penghargaan lainnya adalah Hj Rukayah Ahmad, perajin sulam dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Rukayah berkecimpung dan mengembangkan sulam khas Sumbar sejak 1980.

Hj Rohani Suparto, perajin sulam dari Yogyakarta meraih penghargaan atas kreativitas dan konsistensinya mengembangkan kerajinan sulam dengan motif wayang, Terakhir, penghargaan diberikan kepada Hj Anisma Asri dari Bukit Tinggi (Sumbar). Anisma pada awalnya menggeluti kerajinan sulam untuk menambah penghasilan bagi keluarganya. Kini, setelah sekian puluh tahun menggeluti kerajinan sulam, usahanya berkembang dan dapat menampung 662 keluarga kurang mampu yang selanjutnya bekerja sebagai perajin sulam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com