Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2012, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Sebelum memiliki anak, boleh jadi Anda menghindari sejumlah kebiasaan yang menurut Anda buruk, tak sehat, atau membosankan. Namun ketika menjadi ibu, fokus mengurus anak dan keluarga, kebiasaan yang tak Anda sukai ini bisa berubah menjadi aktivitas menyenangkan. Pengalaman penulis Amy Wruble berikut ini boleh jadi juga Anda jalani sejak menjadi ibu apalagi fokus dengan peran ibu rumah tangga.

1. Drive-Thru
Amy mengaku penganut vegetarian sebelum ia menjadi ibu. Ia kerap meremehkan mereka yang memesan makanan melalui drive-thru di restoran cepat saji karena baginya kebiasaan itu tak sehat. Namun saat menjadi ibu, kebiasaan yang dulu dihindarinya ini pun kini dilakoninya.

Kebiasaan pesan makanan dari kendaraan ini terjadi karena putri Amy terbiasa tidur di mobil saat waktu makan siang tiba. Agar tak menganggu tidurnya, satu-satunya cara adalah tetap berkendara. Waktu makan siang pun dihabiskan di dalam mobil dan memesan makanan drive-thru menjadi solusi paling tepat untuknya.

2. Liburan versi ibu.
Sebelum memiliki anak, Amy menyebut dirinya sebagai petualang sejati. Liburannya tak biasa, seperti menyelam bersama hiu, mendaki gunung berapi atau menunggangi gajah. Setelah memiliki anak, gaya liburan Amy pun berubah 100 persen. Ia mendambakan liburan yang ramah untuk anak. Destinasi wisata yang memiliki tempat perawatan anak, juga menyediakan aneka makanan yang anak-anak suka.

3. Kencan ala orangtua.
Dulu, Amy menganggap kencan dengan pasangan sambil menonton film di bioskop atau makan malam romantis, sebagai kegiatan membosankan. Setelah jadi ibu, untuk duduk berdua saja bersama pasangan menikmati film di layar kaca bukan perkara mudah. Jadi, kencan dengan makan malam dan menonton film menjadi hal yang istimewa baginya kini.

4. Pilihan restoran.
Waktu makan bagi Amy, saat masih lajang atau belum punya anak harus istimewa. Restoran yang dipilih pun tak sembarangan. Kini, pilihan restorannya mengutamakan kepentingan anak daripada selera. Alih-alih mencari makanan yang khas atau tempat yang unik, Amy lebih memilih restoran yang menyediakan makanan anak, punya fasilitas kursi makan anak, dan harga terjangkau bahkan jika mungkin punya tempat bermain. Biasanya, restoran cepat saji menyediakan semua hal ini.

5. Pakaian dalam tak lagi seksi.

Pilihan pakaian dalam katanya memengaruhi kepercayaan diri perempuan. Lingerie menjadi pilihan perempuan untuk merasa seksi. Amy pun demikian, tapi dulu sebelum jadi ibu. Kini, setelah menjadi ibu rumah tangga, celana dalam model klasik pun dipakainya. Rasanya merasa seksi bukan lagi menjadi perhatian karena sibuk mengurus anak seharian.

6. Rajin menelepon orangtua.
Amy bukan termasuk tipe perempuan yang senang berkomunikasi lewat telepon. Namun sejak menjadi ibu, menelepon orangtua atau keluarga menjadi kebiasaan barunya. Mengasuh anak butuh pengalaman, dan Amy memercayakan pengalaman ibunya ketika ia mengalami kendala terkait anak. Meminta nasehat dari ibu menjadi langkah terbaik baginya. Menghubungi melalui telepon menjadi solusi termudah untuknya untuk mendapatkan ragam kiat mengasuh anak.

7. Diam di rumah.

Tak ada tempat yang lebih nyaman daripada rumah sendiri. Hal ini pun dirasakan oleh anak-anak. Karena hanya di rumahnya anak bisa leluasa bermain dengan aneka permainan, menikmati makanan kesukaannya. Dan bagi orangtua, hanya rumah lah yang menyediakan berbagai kebutuhan anak. Saat pergi ke rumah teman atau keluarga, persediaan kebutuhan anak tak selengkap seperti di rumah. Tak heran jika berdiam diri di rumah menjadi kebiasaan menyenangkan bagi para ibu rumah tangga.

Bagaimana dengan Anda? Setelah menjadi ibu apalagi memilih menjadi ibu rumah tangga, kebiasaan apa yang mulai Anda jalani?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com