Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2012, 12:14 WIB

KOMPAS.com -  Mulai dari omelet, telur rebus, bahan pelengkap soto, telur adalah bahan makanan yang paling digemari orang. Tapi pernahkah Anda berpikir, apakah telur yang saya beli memiliki kualitas baik? Berikut hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli telur.

1. Batas kedaluarwarsa
Menurut USDA (United State Departement of Argiculture), telur masih layak dikonsumsi tiga sampai lima minggu melewati tanggal kedaluarwarsanya.Tanggal yang menentukan batas hingga tingkat kesegaran telur. Dan umumnya, telur masih segar setelah dua bulan dipanen. Tambahan waktu tiga minggu setelah itu pun masih layak dimakan.Tapi gunakan juga kebijaksanaan Anda, jika telur mengeluarkan bau aneh atau berubah warna sebaiknya tidak usah digunakan lagi. Nah, bila Anda kebetulan membeli telur yang tidak dikemas dalam kotak, pilih telur yang bersih, mulus (tidak retak atau pecah) serta tidak bau.

2. Warna kulit tidak berpengaruh pada rasa

Mungkin Anda sering melihat ada telur ayam dengan warna kulit putih bersih atau cokelat. Sebenarnya rona kulit tergantung pada jenis ayamnya. Ayam  leghorn menghasilkan telur dengan warna kulit putih yang khas. Sedangkan ayam jenis lain menghasilkan telur dengan warna agak kecokelatan. Menurut dapur uji rasa America’s Test Kitchen Cooking School membuktikan bahwa warna kulit telur tidak berpengaruh pada rasanya.

3.“Grade A”  adalah standar ritel
Meskipun telur secara teoritis dijual dalam tiga grade (AA, A, B), hanya telur grade AA dan A yang dipasarkan di supermarket. Sedangkan penjelasan dari American Egg Board mengatakan grade B telur tidak dipasarkan untuk retail, mereka dipasarkan untuk kepentingan komersial seperti restoran atau rumah sakit dan sangat sedikit yang dijual di supermarket. Namun, secara keseluruhan tak ada perbedaan dari sisi gizinya.

4. "Farm fresh eggs" dan telur organik
Dalam tes selera, telur segar yang langsung didapat dari perternakkan adalah yang paling enak. Telur ini lebih kaya rasa. Peringkat kedua diduduki oleh telur organik. Lalu telur supermarket tempat berikutnya.

Kesimpulannya, jika Anda memiliki akses ke telur segar dari peternakan, atau bisa membeli langsung pada orang yang berternak ayam, lakukanlah! Telurnya paling enak jika digunakan untuk hidangan telur dadar. Tapi bukan untuk dipanggang menjadi kue atau cookie. Jika tidak, pilih telur organik untuk penggunaan sehari-hari. Telur organik juga lebih kaya rasa. Tapi perlu Anda ketahui, tidak ada yang salah dengan telur yang dijual supermarket.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com