Tidur Siang Tingkatkan Produktivitas Kerja

Kompas.com - 19/10/2012, 14:04 WIB

Kompas.com - Bukan rahasia lagi kalau sebagian dari kita pernah mencuri-curi waktu tidur di sela jam kerja akibat tak kuasa menahan kantuk. Dibanding menenggak kafein, tidur siang sebenarnya lebih dianjurkan.

Menurut Andrei Medvedev, PhD, walau cuma sejenak saat tidur siang terjadi banyak hal di otak. Peneliti dari Georgetown University itu pernah meriset manfaat tidur siang pada 15 partisipan. Para partisipan itu diminta memakai semacam topi yang dipasangi kabel optik.

Kemudian para peneliti mencoba mengetahui aktivitas yang terjadi di otak ketika para partisipan tertidur siang selama 8 menit.

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan karena Madvedev menemukan bagian otak kanan lebih aktif. Seperti diketahui pada orang yang banyak menggunakan tangan kanannya, maka otak kirinya akan lebih aktif. Tapi saat tidur siang ternyata otak bagian kiri menjadi lebih aktif. Hal itu terlihat pada orang yang kidal atau pun tidak.

"Ternyata saat kita tidur siang atau pun kondisi rileks lain seperti meditasi, otak kita tetap aktif namun di bagian yang berbeda dengan cara yang unik," kata Madvedev.

Lantas apa yang dilakukan otak? Menurut Madvedev saat tidur siang, otak melakukan berbagai perawatan kognitif seperti mengorganisasi dan memproses informasi. Dengan kata lain, tidur siang bisa meningkatkan daya ingat.

Selain itu, tidur siang juga bisa meningkatkan kreativitas. Beberapa seniman dan ilmuwan juga kerap mendapatkan ide-ide segar setelah bangun dari tidur siang.

Menurut Robert Stickgold, PhD, direktur Harvard Center for Sleep and Cognition, tidur siang juga bisa melindungi sirkuit otak dipakai berlebihan. Manfaat lainnya adalah mengumpulkan informasi yang baru dipelajari.

Alasan lain untuk tidur siang adalah meredakan stres. Ada pendapat yang menyebut saat tidur siang hormon stres akan turun secara signifikan.

Jadi, mulailah meluangkan waktu sejenak setelah makan siang untuk terlelap.

 



EditorLusia Kus Anna

Close Ads X