Ramuan Alami Atasi Jerawat

Kompas.com - 31/10/2012, 15:42 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Sekitar 650 spesies tanaman yang dibudidayakan di Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar di Cikarang, memberikan inspirasi hidup sehat alami. Tanaman obat, kosmetik, aromatik yang dikembangkan bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga berkhasiat untuk kecantikan.

Tentu saja perawatan yang teratur menggunakan bahan alam menjadi kunci keberhasilannya. Anda bisa menanam sendiri di rumah tanaman yang bermanfaat untuk perawatan kulit, seperti mengatasi jerawat. Dengan begitu, Anda bisa memetiknya kapan saja saat merasa membutuhkannya, dan membuat ramuan alami darinya.

Dalam buku aneka resep jamu mengatasi berbagai penyakit, Kampoeng Djamoe Organik Martha Tilaar, memberikan inspirasi merawat kulit mengatasi jerawat menggunakan tiga bahan alam. Yakni jeruk nipis, mentimun, temu lawak. Selain bisa menanam sendiri beberapa tanaman, seperti jeruk nipis, Anda juga bisa mendapatkan bahan alam ini di supermarket atau pusat belanja lainnya.

Jeruk nipis dan mentimun, dapat Anda gunakan untuk merawat jerawat di permukaan kulit. Sementara temu lawak, bisa diseduh dan mengobati jerawat dari dalam tubuh. Berikut cara mengolah tiga bahan alam ini menjadi ramuan untuk mengatasi jerawat:

Ramuan jeruk nipis:

Pilih jeruk nipis yang telah tua satu buah, lalu belah. Aplikasikan untuk menggosok muka yang berjerawat, satu kali sehari sebelum tidur.

Ramuan mentimun:
Ambil satu buah mentimum, potong menjadi 2-3 bagian. Aplikasikan pada wajah dengan menggosok muka yang berjerawat satu kali sehari sebelum tidur.

Ramuan temu lawak:
Siapkan dua jari temu lawak, cuci bersih lalu iris. Ambil asam dua jari dan gula merah dua jari. Rebus semua bahan dengan empat gelas air hingga tersisa setengahnya. Dinginkan kemudian saring. Minum satu gelas ramuan ini dua kali sehari.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X