Kompas.com - 01/11/2012, 11:24 WIB
EditorDini

SEOUL, KOREA SELATAN, KOMPAS.com - Korea memang memiliki pengaruh besar dalam perkembangan dunia kecantikan, khususnya bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya dalam hal operasi plastik, injeksi dermal filler, dan botox. Untuk mengetahui tren serta perkembangan teknologi kecantikan di Korea, Restylane (produsen produk dermal filler untuk memberi volume pada wajah) mengadakan workshop kecantikan di Korea Selatan selama enam hari (26-31 Oktober 2012).

Workshop bertema "Restylane Korea Beauty Trip" ini diikuti oleh 12 dokter kecantikan dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Palangkaraya. Selama berada di Korea, para peserta diajak mengetahui lebih dalam teknik penggunaan dermal filler sebagai salah satu cara menyempurnakan profil wajah, dengan mengunjungi tiga klinik kecantikan di Busan dan Seoul.

"Workshop ini merupakan salah satu bentuk edukasi tahunan kami untuk para dokter, agar mereka semakin terampil dan menguasai teknik filler yang tepat. Kali ini dikhususkan untuk memperkenalkan inovasi Restylane untuk membuat hidung lebih mancung dengan menggunakan jarum canula (jarum lentur dan tumpul untuk meminimalisasi rasa sakit)," ungkap Adeline Fiane Hindarto, Public Relations Manager Restylane kepada Kompas Female.

Dalam ajang ini, para dokter berkesempatan untuk bertanya jawab dengan para dokter ahli dari Korea, seperti Dr MJ Kim (Rejuve Dermatology, Busan), Dr Kyle K. Seo, MD, PhD (Modelo Clinic, Gangnam-Seoul), Dr Valerie Tay Su Lin, Dr Ye Shik Shin, MD, dan Dr Moon Hyoung Jin, MD (Navi Plastic Surgery Clinic, Gangnam, Seoul).

Selain mendengarkan penjelasan teori teknik injeksi filler dari Dr Kim, di Rejuve Dermatology para dokter juga diberi kesempatan untuk mengikuti live demo, dan turun tangan langsung mengaplikasikan dermal filler ke bagian hidung, dagu, dan pipi pasien sesuai kebutuhan mereka.

Dari seluruh daerah di Korea, ternyata Gangnam menjadi salah satu daerah tujuan untuk melakukan berbagai prosedur kecantikan. Daerah yang tengah populer karena lagu "Gangnam Style" ini merupakan kawasan pemukiman mewah. Banyak artis Korea terkenal seperti Jang Dong Gun tinggal di kawasan ini. Tidak heran, kawasan ini disebut-sebut sebagai Beverly Hills-nya Korea.

Karena tingkat ekonomi dan antusiasme yang tinggi untuk mempercantik wajah, mereka sering melakukan filler dan operasi plastik di klinik-klinik kecantikan yang banyak ditemukan di distrik ini. Menurut Dr Moon Hyoung Jin, daerah yang luasnya 39,55 km2 ini sudah memiliki lebih dari 500 klinik kecantikan yang melayani prosedur filler, botox, sampai operasi plastik. Dalam kunjungan di Modelo Clinic dan Navi Plastic Surgery Clinic ini, para dokter kecantikan juga memelajari peralatan dan teknologi kecantikan yang banyak diminati masyarakat Korea.

"Daerah ini merupakan daerah yang paling kaya, sehingga teknologi yang digunakan lebih modern, maju, dan lebih variatif. Bahkan pasien di klinik-klinik kawasan ini tidak hanya dari Korea saja, tapi ada juga dari Indonesia dan negara Asia lainnya. Maka kunjungan semacam ini sangat berguna untuk bertukar informasi," ungkap Dr Moon, sesaat setelah kunjungan ke Navi Plastic Surgery Clinic, Seoul, Korea Selatan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.