Mencoba Ramalan dari Sebilah Bambu

Kompas.com - 03/11/2012, 10:02 WIB

KOMPAS.com — Jika berkunjung ke kelenteng, apalagi kelenteng Dewi Kuan Yin, melakukan Chiam Si tak boleh dilewatkan. Chiam Si merupakan ramalan kuno China. Cara melakukan Chiam Si sederhana saja, tinggal kocok-kocok sebuah wadah tabung yang berisikan bilah-bilah bambu.

Nah, di sebuah kelenteng yang tenar di Bangka bernama ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin”, pengunjung bisa melakukan Chiam Si. Tempat ibadah ini berada di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Walau disebut sebagai tempat ibadah, namun kelenteng ini juga selalu menarik pengunjung lintas agama. Sehingga, bagi pelancong, agenda kunjungan ke Bangka salah satunya adalah mendatangi kelenteng tersebut.

Lokasinya sekitar satu jam perjalanan darat dari pusat kota Pangkalpinang. Kelenteng ini pun tergolong baru, bukan kelenteng kuno karena diresmikan di tahun 2003. Selebriti terkenal seperti Titiek Puspa disebut-sebut sering datang ke tempat tersebut.

Nah, kembali ke urusan ramal-meramal, pengunjung bisa masuk ke altar Dewi Kuan Yin. Tentu sebelum masuk kelenteng, pengunjung harus membuka alas kaki. Bagaimanapun, tempat ini adalah tempat ibadah. Kesopanan pun perlu dijunjung.

Di depan altar Dewi Kuan Yin, penjaga kelenteng akan memberikan arahan cara melakukan Chiam Si. Wadah berbentuk tabung yang sudah berisikan bilah-bilah bambu yang bernomor diberikan ke pengunjung.

Kemudian, wadah dikocok-kocok hingga ada sebilah bambu yang jatuh. Dari bilah bambu tersebut tinggal dilihat nomor yang keluar. Nomor tersebut dicocokkan ke kertas ramalah yang sudah tersedia. Tulisan ramalan yang puitis pun terbaca.

Ada aksara China maupun terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Isi ramalam seputar perjodohan, pernikahan, pekerjaan, uang, sampai urusan bisnis. Ramalah menggunakan Chiam Si sebaiknya dilakukan hanya setahun sekali. Jika ingin lagi, maka lakukan di tahun berikutnya.

Ini seperti alasan yang cocok untuk terus mengunjungi Bangka setiap tahunnya. Selain Chiam Si, kelenteng ini terkenal karena khasiat air di kolam dan sumur yang ada di dalam kelenteng. Konon, air tersebut dapat membuat orang awet muda. Boleh percaya, boleh tidak, apa pun itu kunjungan ke ”Taman Bunga Teratai Dewi Kuan Yin” tak boleh dilewatkan.

 

Ikuti ulasan wisata di Pulau Bangka di topik:
Weekend Yuk! Ke Bangka



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorI Made Asdhiana

    Terkini Lainnya


    Close Ads X