Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2012, 13:00 WIB

T:
Salam hangat, saya wanita pekerja umur 31 tahun. Tekanan darah saya rendah, sehingga setiap datang bulan saya disarankan dokter minum obat penambah darah. Saya kalau lagi sibuk bekerja sering lupa makan, menyebabkan kepala saya pusing, dan saya gampang capai. Apa solusinya? Terima kasih. (Wini, 31)

J:
Salam hangat kembali, Mbak Wina….
Makan secara teratur sangat diperlukan untuk menunjang stamina dan meningkatkan produktivitas kerja terutama bagi wanita pekerja seperti Mbak Wina, apalagi jika Mbak Wina menderita tekanan darah rendah. Walaupun sibuk bekerja sebaiknya jadwal makan tidak dilewatkan. Ada beberapa solusi yang bisa Mbak Wina lakukan agar tubuh tetap mendapatkan cukup nutrisi:

1. Bawa bekal makanan dari rumah, merupakan cara yang terbaik untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi secara sehat, murah, dan tepat. Makanan yang dibawa bisa dibagi untuk 3-4 kali makan. Sebagai contoh untuk:
* Sarapan: dapat membawa bekal nasi goreng yang sudah dilengkapi dengan telur, daging ayam, maupun sayur selada atau timun dan tomat.
* Snack pagi dengan buah apel 1 buah.
* Makan siang berupa nasi, ikan, tahu/tempe, sayuran, dan buah.
* Snack sore: roti sandwich yang diisi telur, sayuran, dan keju.

2. Memang kekurangan membawa bekal dari rumah adalah membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan bekal tersebut, namun kualitas makanan yang dimakan tentunya terjamin dan menyehatkan.

3. Menggantikan makanan yang seharusnya dikonsumsi dengan suplemen pengganti makan, biasanya dalam bentuk susu. Susu tersebut dapat dikonsumsi bersama dengan roti atau biskuit, sehingga zat gizi yang diperlukan tubuh tetap dapat terpenuhi tanpa mengurangi waktu kerja. Cara ini cukup praktis namun membutuhkan tambahan biaya.

4. Menyiapkan camilan sehat yang dapat dikonsumsi kapan saja tanpa mengganggu waktu kerja seperti roti sandwich, roti isi, kroket, macaroni skotel, atau pudding susu buah yang sudah disiapkan dari rumah.

Selamat mencoba, semoga Mbak Wina tetap bugar di tengah kesibukan kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com