Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2012, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Bercinta semestinya menyenangkan. Namun seringkali karena alasan tidak percaya diri, pasangan jadi tidak maksimal memanfaatkan momen ini. Kepuasan seksual pun tak didapatkan. Agar bercinta tak menjadi bencana, tingkatkan kepercayaan diri Anda dengan sejumlah cara ini:

1. Cari tahu yang Anda suka.

Menurut para terapis seks, Anda tak bisa menikmati sesi bercinta yang romantis dan harmonis jika Anda sendiri tidak pernah merasakan orgasme. Untuk mendapatkan ini, hal pertama yang perlu Anda kuasai adalah titik sensitif dari tubuh Anda. Cobalah eksplorasi tubuh sendiri, cari tahu bagian tubuh mana yang Anda suka, aksi apa yang Anda inginkan untuk dilakukan pasangan. Beritahukan kepada pasangan bagian tubuh yang paling ingin Anda inginkan untuk dia eksplorasi.

2. Mandi uap.
Tidak sempat berolahraga? Sebelum bercinta, siapkan tubuh Anda terlebih dahulu. Coba mandi uap dengan menggunakan air garam untuk mengecilkan bagian yang membengkak pada bagian tubuh tertentu seperti paha dan perut. Memang tidak terlalu banyak perubahan, tapi ada bagian yang sedikit mengecil sehingga Anda bisa beraksi lebih leluasa.

3. Cintai tubuh Anda.
Apa pun bentuk tubuh Anda, cintailah apa adanya. Karena setiap tubuh memiliki keindahan dan keunikan masing-masing yang tentunya harus disyukuri karena tak ada yang sempurna. Menurut Dr Judith Rodin, penulis Body Traps, biasanya perempuan cenderung membandingkan tubuhnya dengan perempuan lain. Ketika Anda melihat perempuan dengan dada bulat berisi atau pinggang kecil dan bokong seksi, muncul rasa iri dan keinginan memiliki tubh yang sama. Kebiasaan membandingkan inilah yang kemudian semakin mengurangi rasa percaya diri.

4. Libatkan pasangan.

Hasil survei yang dilakukan situs Men's Health terhadap 3.000 perempuan menunjukkan bahwa perempuan yang memiliki kepuasan seks, tidak memiliki masalah dengan kepercayaan dirinya. Sekitar 90 persen dari responden mengaku bahwa pasangan melihat mereka sebagai perempuan yang menarik. Ini berarti untuk mewujudkan kepuasan seks pada perempuan harus melibatkan pasangannya. Pria yang menerima penampilan istri apa adanya dan tidak berkomentar negatif tentang bentuk tubuh akan membuat perempuan lebih mudah mendapatkan kepuasan seks.

5. Manjakan tubuh.
Memelihara kesehatan dan kecantikan merupakan bentuk bahwa Anda menghargai tubuh. Cobalah rutin berolahraga, minimal tiga kali seminggu. Selain tubuh lebih bugar, stamina juga lebih terjaga sehingga sesi bercinta pun lebih menyenangkan. Selain itu jangan lupa melakukan perawatan kecantikan, supaya kulit dan rambut selalu sehat terpelihara. Kalau penampilan selalu cantik, tidak ada alasan untuk tidak percaya diri beraksi di tempat tidur.

6. Berani meminta.
Sebagian perempuan masih beranggapan bahwa inisiatif untuk memulai bercinta harus dimulai dari pria. Padahal, perempuan punya hak yang sama. Bahkan, menurut para pria, akan menyenangkan jika perempuan berinisiatif mengajaknya bercinta. Begitu juga saat bercinta, Anda boleh menunjukkan bagian mana yang ingin disentuhnya. Ketika Anda merasa tak nyaman dengan sentuhannya, katakan dengan jujur kepadanya. Ia takkan marah, malah sangat senang ketika melihat Anda terpuaskan.

7. Tertawa bersama.
Jangan segan menertawakan hal-hal memalukan yang terjadi saat sesi bercinta, misalnya ketika kepala terbentur tempat tidur atau jatuh dari tempat tidur. Kita bisa hentikan sejenak "permainan" dan menertawakan kejadian tersebut bersama pasangan. Ini akan membuat Anda dan dia jauh lebih rileks. Kemampuan Anda dalam menghadapi situasi tak terduga akan menunjukkan bahwa Anda memilikii kepercayaan diri yang baik.

(Majalah Chic/Bestari Kumala Dewi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com