Nutrisi untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Kompas.com - 06/11/2012, 07:26 WIB

TANYA :

Ibu Sari yang baik, saya mempunyai anak usia 13 bulan, tetapi berat badannya hanya 8 kilogram. Di saat sehat, anak saya makan dengan lahap. Minum susu setiap kali minum rata-rata 100 ml dan dalam sehari bisa sampai 8-9 botol. Cemilan buah yang sering saya kasih apel, karena dia tidak suka makanan yang manis, sedangkan untuk biskuit dia suka yang gurih-gurih. Yang saya mau tanyakan, kenapa berat badanya susah sekali naik, anak saya memang aktif dan sekarang sudah belajar melancarkan jalan, jadi agak susah makannya. Apakah ada saran apa yang mesti saya lakukan ? Makanan apa yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak saya?

Terima kasih

(Wiwit, 25, Jakarta)


JAWAB :

Ibu Wiwit yang baik,

Untuk mengetahui pertumbuhan ananda dapat diukur dari berat dan panjang badannya, serta apakah makanan dan nutrisi yang ibu berikan selama ini cukup atau tidak adalah dengan mengecek dan memantau pertumbuhannya yaitu berat  badan, tinggi badanya. Ibu dapat mengeceknya melalui KMS (Kartu Menuju Sehat)

Berdasarkan angka kecukupan gizi bagi orang Indonesia, rata-rata usia 1-3 tahun memiliki berat badan normal 12 kg dan tinggi  badan 90 cm. Usia 13 bulan berat badan normal sekitar 9-10 kg. Untuk ananda usia 13 bulan, berdasarkan berat badan terhadap umur, saat ini ananda termasuk berat badannya kurang.

Mengapa berat badan susah naik? Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Apakah asupan makannya sudah cukup jumlahnya? Apakah ananda sering mengalami batuk pilek atau sakit?

Evaluasi dari asupan nutrisi : susu 100 ml memberikan energi 60-70 kkal. Jadi,  8-9 botol susu @ 100 ml mengandung energi 600-700 kkal. Makanan lainnya seperti sumber karbohidrat/zat tenaga, lauk pauk, buah dan sayurannya harus diberikan dengan porsi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Yang harus ibu lakukan untuk mengejar pertambahan berat badan ananda adalah memastikan kebutuhan energi dan nutrisinya terpenuhi. Kebutuhan gizi usia 1-3 tahun adalah  sebagai berikut :

•    Energi: 1000 kkal
•    Protein: 25 gram
•    Kalsium 500 mg
•    Zat besi 8 mg

Nutrisi yang dibutuhkan

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorAsep Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X