Kompas.com - 14/11/2012, 16:11 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Bercinta dengan lampu kamar mati, atau tubuh yang tertutupi selimut, menjadi pilihan sebagian perempuan yang tak percaya diri dengan tubuhnya. Padahal, untuk meraih kepuasan seksual, dibutuhkan kepercayaan diri saat bercinta, termasuk untuk memperlihatkan tubuh pada pasangan tanpa perlu menutupinya.

Moushumo Ghose, terapis seks, mengatakan ketidaknyamanan saat bercinta ini semestinya diatasi perempuan dengan memahami dua hal, seks dan konsep tubuh. "Dengan memahami seks dan konsep tubuh, akan memberikan pengalaman yang membebaskan, meningkatkan kualitas seks, dan pasangan pun happy," jelasnya.

Ghose menyarankan, perempuan yang kerap menutupi tubuhnya saat bercinta perlu melakukan beberapa hal ini untuk meningkatkan kepercayaan dirinya:

* Pahami konsep tubuh dan proaktiflah.
Atasi persoalan konsep tubuh Anda. Apa yang Anda pikirkan tentang tubuh Anda memengaruhi penilaian Anda terhadapnya, termasuk sikap Anda saat bercinta.

Kemudian, bersikaplah proaktif terhadap tubuh Anda. Jika Anda tak percaya diri karena kelebihan berat badan, mulailah berolahraga secara rutin. Perhatikan tubuh Anda di cermin, hargai tubuh Anda agar semakin nyaman dengannya.

* Pahami seks.
Pemahaman mengenai seks juga memengaruhi performa saat bercinta. Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang Anda ketahui tentang seks? Pemahaman apa yang Anda dapati tentang seks sejak kecil? Pemahaman yang negatif terkait seks bisa memengaruhi pandangan Anda terhadap hubungan intim dengan suami. Anda menjadi tak menikmatinya, dan enggan mengeksplorasi seksualitas.

Setelah menemukan pemahaman yang lebih tepat tentang seks, bicarakanlah. Barangkali selama ini Anda salah tafsir soal seks dan hubungan intim.

Dengan membicarakan seks bersama orang yang Anda percaya, pasangan atau teman dekat, Anda akan terbebaskan dari berbagai hal yang mengganggu dan menghambat Anda selama ini untuk lebih menikmatinya. Termasuk menikmati seks dengan memperlihatkan tubuh Anda, tanpa sehelai benangpun yang menempel, tanpa harus mematikan lampu atau menutupinya dengan selimut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.