Kompas.com - 16/11/2012, 08:26 WIB
EditorHesti Pratiwi

KOMPAS.com – Baru-baru ini  Canadian Cardiovascular Congress di Toronto menyatakan bahwa mengasup  makanan cepat saji  untuk sarapan sarapan memiliki efek buruk pada arteri Anda. Sarapan terbaik adalah dengan makanan berprotein dan tinggi serat seperti sereal, yang tidak hanya sehat bahkan bisa membantu Anda mengusir perut buncit.

Diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk aterosklerosis (penyempitan arteri akibat timbunan plak), tapi studi ini menunjukkan bahwa kerusakan yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke mungkin mulai lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya, jika pola sarapan Anda tidak sehat.


“Hanya satu hari sarapan tinggi lemak saja sudah membahayakan jantung Anda,” ujar peneliti dari Heart and Stroke Foundation,  Dr. Todd Anderson.  
Studi ini mengukur aliran darah melalui lengan bawah pada 20 orang sehat (rata-rata usia 23). Para peneliti menggunakan sandwich mengandung ham, telur, dan keju, tetapi tidak menyebutkan nama restorannya. Tujuannya adalah untuk mengungkapkan risiko makan jenis umum dari sarapan sandwich tersedia secara luas, bukan merujuk pada satu restoran tertentu.


Pengujian dilakukan dua kali: sekali dengan sarapan sandwich cepat saji dari jenis yang tersedia di mana saja di AS atau Kanada, dan sekali lagi saat responden diminta berpuasa.

Nah, dibandingkan dengan relawan yang melewatkan sarapan, mereka yang mengonsumsi sandwich penuh lemak menunjukkan terganggunya aliran darah pada lengan dua jam setelah sarapan. Selain itu aliran darah beroksigen ke jantung juga terganggu.
Para peneliti mengatakan bahwa hasil ini menyoroti pentingnya membatasi lemak, kolesterol, kalori, dan garam untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Diet junk food juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk demensia, gangguan memori seperti yang dilaporkan baru-baru ini.

Ahli gizi menyarankan termasuk protein dan serat dalam makan pagi Anda, seperti sereal gandum manis atau rendah gula dicampur dengan non-fat yogurt, susu rendah lemak, atau susu kedelai dan ditutup dengan buah segar. Para peneliti di University of Texas di El Paso laporan bahwa makan sarapan mengisi membantu orang mengkonsumsi rata-rata 100 kalori lebih sedikit per hari.

Meski sarapan tingi lemak sudah terbukti tidak bagus buat kesehatan, yang lebih parah lagi adalah tidak sarapan samasekali. Akibat yang paling jelas bagi Anda yang tidak sarapan adalah mood yang buruk dan daya ingat yang kurang. Tetapi lebih dari itu, kebiasaan tidak sarapan bisa mengakibatkan obesitas, masalah persendian, bahkan memicu beberapa jenis kanker.


Sarapan yang mengikis lemak perut
Studi lain juga menunjukkan bahwa sereal gandum baik untuk sarapan. Karena sarapan gandum bisa menurunkan tingkat kortisol, hormon stres yang terkait dengan berat badan dan kecenderungan untuk menumpuk lemak perut. Pinggang besar adalah tanda peringatan bagi Anda akan risiko sindrom metabolik, yang bisa membawa Anda terkena diabetes tipe 2 dan meningkatkan risiko serangan jantung hingga tiga kali lipat.

Jadi, disarankan mengasup tiga ons gandum utuh sehari, yang bisa Anda dapatkan dari sepotong roti gandum utuh, atau satu porsi sereal. Diet tinggi serat dapat mengurangi risiko kematian akibat kardiovaskuler hampir 60 persen, menurut sebuah studi yang melibatkan hampir 400.000 orang usia 50 ke atas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.