Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2012, 10:19 WIB

KOMPAS.com – Ibu yang baru melahirkan sering sekali merasa kelaparan. Hal itu normal karena selain butuh tambahan kalori buat menyusui juga membutuhkan tenaga ekstra  meningkatkan energi. Nah, berikut  5 makanan yang sebaiknya Anda sering asup pasca melahirkan, untuk menghindari tubuh melar tak terkendali.

1. Sereal tinggi serat
Semangkuk sereal tinggi serat saat sarapan akan memuaskan rasa lapar dan membantu mencegah sembelit, masalah umum bagi ibu baru, karena hormon menyusui dapat memperlambat kerja usus. Cobalah sereal tinggi serat  dengan sesendok yogurt rendah lemak. Selain kaya kalsium, yoghurt mengandung probiotik, bakteri "baik" yang dapat membantu pencernaan.
Aturan makan: setiap hari

2. Telur
Agar tak terjebak makan berlebihan karena rasa lapar yang terus-menerus, pilih telur untuk sarapan. Ini akan membantu Anda makan lebih sedikit. “Sebutir telur memiliki sekitar 5 atau 6 gram protein yang berarti Anda ingin mengudap satu jam kemudian,” kata Bridget Swinney, RD, penulis buku Eating Expectantly. Telur juga salah satu sumber alami terbaik dari kolin, nutrisi penting untuk membangun pusat memori otak bayi yang, seperti semua nutrisi, dapat diteruskan ke bayi Anda melalui ASI.
Aturan makan: setiap hari

3. Daging sapi
Sapi dikemas dengan zat besi dan seng, dua mineral yang penting untuk energi Anda dan memproduksi ASI. Plih yang daging yang flank akan memberikan nutrisi lebih untuk kalori Anda. Cobalah panggang dan asup dengan sayuran hijau. “ Meskipun daging merah lebih tinggi lemak dan kalori daripada daging putih (unggas), Tapi daging putih butuh dua kali jumlah lebih banyak diasup dari daging merah untuk mendapatkan jumlah seng dan zat besi yang banyak,” kata Colleen Pierre, RD, dari Johns Hopkins University.
Aturan makan: tiga kali seminggu

4. Salmon
Salmon mengandung omega-3 asam lemak, yang baik untuk jantung Anda dan dapat membantu otak bayi serta perkembangan penglihatannya jika Anda sedang menyusui.
Aturan makan: sekali atau dua kali seminggu

5. Bayam
Ini daun hijau yang paling bergizi-berisi dua hal penting yang ibu baru perlu: Asam folat, yang membantu menghasilkan sel darah baru, sangat penting bagi perempuan yang mengalami banyak kehilangan darah saat melahirkan, dan mangan, yang membantu dalam pengembangan tulang, tulang rawan, dan kolagen - kunci untuk pemulihan.
Aturan makan: sesering yang Anda suka!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com