Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naturalisasi Maitimo Masih Terganjal Paspor

Kompas.com - 20/11/2012, 13:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Tim Nasional Indonesia, Nil Maizar, berharap bisa membawa Raphael Maitimo sekalipun kecil kemungkinan bisa bermain di Piala AFF 2012 yang digelar di Malaysia pada 25 November hingga 24 Desember mendatang.

Pemain naturalisasi asal Belanda tersebut masih terkendala dengan belum rampungnya paspor. Seandainya paspornya belum rampung jelang pertandingan melawan Laos pada 25 November, skuad Indonesia menyisakan 22 pemain dan dengan begitu memenuhi kouta skuad inti yang didaftarkan ke AFF.

"Ya kalau saya maunya membawa 23 pemain termasuk Raphael Maitimo. Saya dengar administrasi kependudukannya sudah sampai di Setneg. Semoga cepat rampung, dan bisa dimainkan," jelas Nil usai sesi latihan terakhir timnas di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (20/11/2012).

Maitimo sendiri mengaku tak mempermasalahkan dirinya masuk ke dalam 22 pemain inti atau tidak. Pemain yang akrab disapa Rafa tersebut menyadari sejak awal peluangnya dirinya membela timnas sangat kecil.

"Belum. Sampai sekarang administrasi kependudukanku belum rampung. Itu tergantung manajer. Kalau paspor sudah selesai aku bersyukur, tapi kalau tidak mau bagaimana. Aku sadar itu (mengurus administrasi) tidak mudah," jelas Raphael.

"Aku tidak masalah jika tidak terpilih. Wajar ini proses seleksi, ada yang bisa menembus skuad ada juga yang bisa tersingkir. Sekarang bagaimana kita menyikapinya. Aku ke sini untuk memenuhi panggilan dan hikmahnya aku sekaligus mengurus kelengkapan kependudukanku di sini," beber pemain berusia 29 tahun tersebut.

Indonesia sendiri dijadwalkan bertolak Malaysia pada Rabu (21/11/2012) pagi. Tim "Merah Putih" bersaing dengan Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia. Di laga perdana, Indonesia akan menantang Laos pada 25 November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com