Kompas.com - 21/11/2012, 09:38 WIB
EditorDini

T:
Saya baru saja lulus kuliah tahun lalu (2011). Saat ini saya sedang membangun usaha toko baju online untuk wanita bersama dengan partner saya. Kebetulan, partner saya ini sudah memiliki tim untuk mengurusi bisnis kami ini, saya hanya terlibat di bagian konsep dan desain. Kondisi ini memungkinkan saya memiliki waktu luang lebih banyak ketimbang saat saya belum menjalin partnership dengan rekan saya ini. Tetapi ini membuat saya bingung, antara mengisi waktu luang dengan mencari usaha lain, atau bekerja kembali di kantor? Hanya saja hingga saat ini masih belum terpikir jenis usaha lain apakah itu? Sementara itu, keluarga saya lebih men-support saya untuk bekerja di kantor daripada melakukan usaha online sekarang. Di mata mereka, bekerja kantoran lebih terjamin daripada membuka usaha. Duh Bu Ainy, saya benar-benar bingung. Mohon sarannya, ya Bu. Terima kasih. (Dewi, 23)

J:
Mbak Dewi yang luar biasa,
Setiap diri kita mau hidup nikmat bahagia luar biasa. Termasuk Anda dan saya. Tahukah Anda, bagaimanakah caranya mendapatkan kehidupan yang paling nikmat dan bahagia luar biasa itu?

Hidup yang paling nikmat bahagia luar biasa adalah ketika kita bekerja di dunia yang kita cintai dengan sepenuh hati, tanggung-jawab dan luar biasa. Ketika kita melakukan apa yang kita sukai, rasa senang dan penuh semangat akan menyertai diri kita. Kita tidak akan mengenal lelah, apalagi putus asa. Anda tahu mengapa? Karena saat melakukan pekerjaan tersebut hati kita senang, tidak ada perasaan terpaksa sedikit pun. Asyik, bukan?

Pertanyaannya, sudahkah selama ini Mbak Dewi benar-benar merasa bekerja dengan sepenuh hati, tanggung-jawab dan melakukannya dengan luar biasa? Jika tanggung-jawab Anda selama ini adalah membuat konsep dan design untuk toko baju online, sudahkah Anda melakukannya dengan sepenuh hati, tanggung-jawab dan luar biasa?

Jika jawabannya adalah "belum", maka segeralah untuk berubah dan melakukannya dengan sepenuh hati, tanggung-jawab dan luar biasa. Tetapi, jika jawabannya adalah "ya" saya sudah melakukannya dengan sepenuh hati, tanggung-jawab dan luar biasa, maka langkah berikutnya adalah mencari tahu pekerjaan apa lagi yang Anda sukai? Ini sangatlah penting sebagai langkah pertama Anda.

Setelah itu pelajari orang-orang yang sukses melakukannya. Mulailah action dari hal yang paling sederhana. Ini untuk menjawab kegusaran hati Anda, yang merasa belum tahu jenis usaha apa lagi yang perlu Anda geluti, bukan? Caranya? Jawablah pertanyaan ini dengan jujur, ”Sebenarnya, apa lagi yang ingin aku lakukan?” Tanyalah diri Anda dengan pertanyaan ini berkali-kali hingga Anda benar-benar merasa menemukan jawabannya.

Untuk menjawab pertanyaan Anda tentang mana yang lebih baik untuk diri Anda, menjadi seorang pengusaha sukses dengan merintis usaha dari sekarang atau menjadi seorang eksekutif yang sukses dengan merintis karir sebagai karyawan kantoran dari sekarang?

Jawaban yang paling tepat dan jitu untuk Anda adalah "menjadi diri Anda sendiri". Tentu setiap pilihan ada resikonya, bukan? Bukankah hidup adalah pilihan? Pilihlah "apa yang Anda sukai".’ Lakukan dengan sepenuh hati. Bertanggung-jawablah atas setiap pilihan Anda. Hadapi setiap resikonya. Dan lakukan "apa yang Anda sukai" dengan luar biasa. Tidak setengah-setengah, apalagi biasa-biasa saja. Karena untuk mencapai hidup nikmat dan bahagia luar biasa, kita harus melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati, tanggung-jawab dan luar biasa.

Selamat menjadi seseorang yang Anda impikan dan menjadi seorang Dewi yang luar biasa dan berhati mulia!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Motivator & Coach
Penulis buku best seller Dahsyatnya Kemauan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X