Kompas.com - 21/11/2012, 13:41 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kesibukan yang menyita waktu membuat frekuensi hubungan seks suami-istri menjadi berkurang. Habis, pulang dari kantor sudah capek, inginnya tidur saja. Mau morning sex sama saja, karena kita juga selalu terburu-buru untuk berangkat ke kantor.

Sebenarnya, hal ini menimbulkan kekhawatiran juga. Idealnya, berapa kali sih frekuensi hubungan seks rata-rata pasangan suami-istri? Normal nggak sih, kalau seminggu hanya berhubungan seks satu kali saja?

Berbagai penelitian membeberkan sejumlah teori mengenai frekuensi ideal hubungan seks. Rata-rata, pasangan menikah berhubungan intim sekali atau dua kali setiap minggu. Faktor usia memang memegang peranan di sini. Pasangan yang berusia 20 tahunan dan baru menikah tentu lagi semangat-semangatnya untuk "bertempur". Namun untuk pasangan yang sudah berusia di atas 40 tahun, mungkin seks hanya sekadar menjadi kewajiban saja.

Tetapi bila Anda curhat dengan teman-teman pasangan yang lain mengenai frekuensi bercinta, jawabannya pasti akan bervariasi. Kaum pria mungkin akan lebih siap melakukannya kapan saja, selama dia tidak kelelahan atau stres. Sedangkan kebanyakan perempuan mungkin akan mengatakan bahwa sekali atau dua kali dalam sebulan sudah cukup.

Dr Phil McGraw, PhD, psikolog klinis dari University of North Texas, punya jawaban yang akan menenangkan Anda. "Sebenarnya tidak ada angka yang benar atau salah. Yang perlu Anda lakukan adalah bernegosasi mengenai frekuensi yang pas untuk Anda berdua. Negosiasi itu tidak berarti mengeluh, memohon, cemberut, atau memancing rasa bersalah pasangan, lho," katanya.

Nah, ketika suami dan istri sudah sepakat mengenai frekuensinya, maka itulah frekuensi yang normal untuk pasangan tersebut. Jumlahnya mungkin akan berbeda untuk setiap pasangan.

Yang lebih penting, Anda perlu mengetahui apa yang menyebabkan frekuensi seks Anda tidak sebanyak pasangan lain. Penyebabnya ternyata bukan sekadar kesibukan yang menyita waktu. Menurut Dr Phil, pasti ada ada hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda di tempat tidur.

"Kehidupan seks Anda bisa berkurang 50 persen jika Anda mempunyai televisi di ruang tidur Anda. Jadi, matikan televisi jika Anda ingin meningkatkan frekuensi seks Anda," tukasnya.

Dr. Phil McGraw isn't afraid to tell it like it is.

One of the biggest questions couples face is how many times a week they should have sex. "There's no right or wrong number," he says "What you have to do is negotiate what works for both of you. And 'negotiate' doesn't mean whining, begging, pouting or guilt-inducing your partner." 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.