Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Tertidur Saat Menerbangkan Pesawat?

Kompas.com - 21/11/2012, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Fakta mengejutkan berdasarkan sebuah survei yang dilakukan kepada pilot asal Inggris, Norwegia, dan Swedia. Survei tersebut menyebutkan bahwa empat dari sepuluh pilot Inggris mengaku mereka pernah ketiduran saat berada di belakang kokpit pesawat terbang.

Antara 43 persen sampai 54 persen dari pilot asal Inggris, Norwegia, dan Swedia yang menjadi responden survei tersebut mengatakan mereka tak sengaja tertidur saat sedang menerbangkan pesawat terbang. Sepertiganya bahkan mengaku mereka terbangun dan menemukan kopilot mereka pun juga tertidur.

Sekitar 6.000 pilot dari delapan negara disurvei untuk tingkat kelelahan oleh European Cockpit Association (ECA). Lebih dari tiga dari lima pilot dari Swedia, Norwegia, dan Denmark dilaporkan membuat kesalahan akibat kelelahan. Sementara di Jerman, data sama menunjukan empat dari lima pilot.

Sekitar 70 sampai 80 persen dari pilot yang kelelahan tidak berani mengatakan diri mereka dalam kondisi tidak fit untuk terbang. Alasan di balik tindakan mereka ini adalah karena takut dipandang negatif oleh pegawai lainnya atau takut terkena tindakan disipliner.

ECA menyebutkan penelitian tersebut memaparkan bahwa kelelahan di antara pilot sebagai "sesuatu  yang biasa terjadi, berbahaya, dan fenomena yang tak dilaporkan di Eropa".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com