Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2012, 08:41 WIB

KOMPAS.com – PMS. Menstruasi  dan hormon selalu menjadi kambing hitam mood yang drop. Padahal stres yang tinggi juga bisa membuat mood Anda berantakan. Tak semua orang dengan mudah menyingkirkan stres. Bisa saja Anda hanya memendamnya (bukan mengatasi penyebabnya), akibatnya timbul keluhan fisik seperti kelelahan, sakit kepala hingga ketidakmampuan untuk fokus. 

Baca juga: Kalahkan "Mood Swing" dengan Makanan

Nah, jika belakangan ini, sumbu stres Anda makin pendek dan mudah tersulut, mulailah perhatikan makanan Anda. Menurut Drew Ramsey, MD, penulis buku The Happiness Diet ini adalah tiga makanan yang harus dihindari serta alternatif pilihannya:

Soda:
"Minuman ini akan mudah menjadi lemak di dalam tubuh kita, membuat suasana hati tidak enak. Hindari soda dan gantilah dengan air mineral atau sedikit jus buah,"sara Drew Ramsey.

Baca juga: 5 Makanan Penyumbang Gula Tambahan

Margarin:
"Selama beberapa dekade, para ilmuwan berdebat yang lebih sehat bagi manusia, margarin atau mentega. Sekarang sudah jelas margarin dapat memicu terjadinya peradangan dalam tubuh dan mengandung lemak yang berbahaya. Terlalu banyak  asam lemak omega-6 bisa mengacaukan mood dan insulin juga. Akibatnya Anda akan lebih mudah merasa tertekan. Alternatif lebih sehat ganti saja dengan mentega,”ujar Drew Ramsey.

Karbohidrat olahan:
Roti seperti bagel dan karbohidrat olahan yang dikemas dapat membuat lonjakan gula yang tinggi, lalu turun drastis. Hal ini juga sangat berpengaruh pada suasana hati Anda yang mudah naik turun.  Ditambah, saat ini perusahaan menjual bagel, roti sandwich atau makanan manis dari karbohidrat dua kali lipat lebih besar. "Sebaliknya, pilihlah roti gandum utuh untuk sarapan.”

Baca juga: Makanan Pengusir "Bad Mood"

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com