Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2012, 08:57 WIB

TANYA :

Ibu, saya mempunyai seorang anak laki-laki berusia 1 tahun.  Makanan apa yang tidak baik untuk pencernaan si kecil? Kok anak saya sering terkena muntah atau diare.  Bagaimana pola makan yang baik supaya anak saya selalu sehat? Terimakasih.

(Yuni, 27, Rembang)?


JAWAB :

Ibu Yuni yang baik,

Sebelumnya saya jelaskan sedikit mengenai muntah dan diare kemudian mengenai pola makan yang baik agar Ananda selalu sehat.

Muntah

Muntah adalah hal umum yang terjadi pada masa bayi dan masa kanak-kanak. Biasanya berhubungan dengan penyakit atau kelainan struktural hal ini ditandai oleh dorongan kuat dari isi lambung.  Penting untuk membedakan muntah dari regurgitasi (gumoh), yang sering terjadi pada masa bayi. Regurgitasi adalah aliran bebas dari isi perut akibat kelebihan makan atau makan terlalu cepat biasanya vomume muntahnya sedikit dan ini tidak berbahaya.

Penyebab muntah
Pada bayi, muntah yang terus -menerus dapat disebabkan oleh infeksi atau kelainan bawaan. Sebaliknya, regurgitasi biasanya karena overfeeding/kelebihan makan, persiapan susu formula yang tidak tepat, menelan udara yang berlebihan, atau penanganan yang tidak benar setelah makan. Batuk berkepanjangan juga dapat mengakibatkan muntah pada orang dewasa atau anak.

Muntah merupakan gejala umum dari beberpa penyakit, gangguan metabolisme, keracunan makanan; dan kondisi lainnya. Muntah berulang dapat menyebabkan dehidrasi, syock, gangguan metabolisme, dan pertumbuhan yang lambat.


Diare
Diare-adalah buang air besar yang sering dan berair-bukanlah penyakit, melainkan gejala dari masalah yang mendasarinya.  Hal ini paling sering disebabkan oleh keracunan makanan.  Beberapa orang mengalami diare berulang atau diare kronis akibat gangguan penyerapan nutrisi tertentu. Misalnya mengalami laktosa intoleran (gula dalam susu masuk ke dalam usus besar (kolon) dalam bentuk utuh, kemudian difermentasi oleh bakteri yang menghasilkan gas hydrogen yang menyebabkan peyerapan air, kembung, dan diare).

CATATAN:

Dalam semua kasus diare berulang atau kronis dan muntah berulang, Ibu harus menghubungi  dokter sesegera mungkin.

Manajemen Diet bila Diare dan Muntah

Sebagian besar kasus diare yang ringan dengan durasi yang pendek dapat diatasi sendiri di rumah dengan langkah-langkah diet sederhana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com