Kompas.com - 29/11/2012, 09:07 WIB
EditorDini

T:
Seringkali kita memasak sayuran dalam jumlah banyak. Bagaimana dengan kandungan gizi sayuran ini jika berulangkali dihangatkan? Apakah sebaiknya tidak dikonsumsi lagi, misalnya sayur nangka yang memang seringkali dihangatkan. (Dyah Susilowaty, 32)

J:
Dear Dyah, terima kasih atas pertanyaannya. Memanaskan atau menghangatkan sayuran berulang kali sudah menjadi kegiatan yang sering dilakukan oleh ibu-ibu, dengan tujuan untuk mencegah makanan menjadi rusak atau basi, terlebih jika sayuran tersebut dimasak dalam jumlah banyak.

Kegiatan seperti ini tentu saja akan mengurangi atau bahkan dapat mengubah nilai gizi pada makanan tersebut. Pada sayuran, akan menyebabkan kehilangan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Bagaimana dengan sayur nangka? Nangka yang digunakan sebagai sayur kaya akan protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B, dan C. Sayur nangka sering diolah menjadi gulai, opor, atau gudeg.

Adanya penambahan santan pada sayur nangka dan dipanaskan berulang kali akan menyebabkan perubahan, bukan hanya pada kandungan zat gizi pada nangka namun juga pada jenis lemak dalam santan. Setelah dipanaskan berulangkali, jenis lemak pada santan akan berubah menjadi jenis lemak yang kurang menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Idealnya semua makanan sebaiknya habis dikonsumsi tanpa perlu disimpan apalagi dipanaskan berulang kali. Lalu bagaimana cara menyiasati agar makanan yang berlebih tersebut tetap masih dapat dimanfaatkan?
* Masukkan makanan yang berlebih tersebut dalam beberapa wadah, dan simpan di lemari pendingin. Keluarkan satu atau dua wadah makanan tersebut sesuai dengan jumlah yang ingin dikonsumsi, dan usahakan habis dimakan. Dengan demikian proses pemanasan kembali hanya dilakukan satu kali saja pada makanan tersebut. Untuk sesi makan berikutnya, Anda bisa mengambil lagi satu wadah lalu memanaskannya. Begitu seterusnya.
* Memanaskan ulang makanan dengan cara dikukus akan lebih sehat daripada digoreng atau ditambahkan minyak kembali.
* Jika tidak diperlukan memasak dalam jumlah banyak, usahakan untuk selalu memasak dalam jumlah secukupnya, agar tubuh selalu mendapat asupan zat gizi yang segar.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X