Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2012, 11:39 WIB

TANYA :

Salam Sejahtera.  Begini Dok, sudah 2 tahun lebih saya mengalami sakit dan saya sudah periksa ke dokter ahli penyakit dalam dan disimpulkan bahwa saya mengalami GERD (gastroesophageal reflux disease) dan diberikan obat PPI. Tetapi sampai habis obat sakitnya masih terasa sampai saya cek ke dokter ahli jantung tetapi hasil scannya normal,  adapun gejala yg saya alami sebagai berikut : 1. Merasa jantung berdebar 2. Sesak nafas antara dada dan perut 3. Cemas 4. Perasaan tidak Stabil 5. Kadang suka sakit dibagian dada kiri atas 6. Badan sering terasa lemas 7. Sering merasa seperti mau Pingsan dan Keringat Dingin 8. Mau Kemana-mana jadi Takut Pingsan, apalagi dikeramaian 9. Perasaan mau Mati yang mau saya tanyakan adalah : 1. Sebenarnya penyakit apa yg saya derita ? 2. Apakah termasuk psikosomatik ? 3. Apakah saya perlu periksakan ke psikiater ? 4. Dan langkah jangka pendek apa yang harus saya lakukan ? Sudi kiranya dokter mau menjawab pertanyaan saya.   

(Ridwan, 32, Bandung)


JAWAB :

Pak Ridwan yang baik,

Gejala-gejala fisik yang dialami pak Ridwan memang lebih merupakan gejala aktifitas berlebihan dari sistem saraf otonom yang banyak dialami oleh pasien gangguan kecemasan terutama gangguan kecemasan panik (panic disorder). Di bawah ini terdapat 13 gejala yang sering terjadi pada pasien dengan serangan panik :

1.    Jantung berdebar dan peningkatan denyut jantung
2.    Berkeringat
3.    Badan terasa gemetar atau berguncang
4.    Perasaan napas yang pendek
5.    Perasaan seperti tercekik
6.    Sakit dada atau perasaan tidak nyaman
7.    Mual atau merasa tidak enak di perut
8.    Merasa pusing
9.    Tidak stabil
10.    Kepala terasa ringan atau mau pingsan
11.    Takut kehilangan kontrol atau menjadi gila
12.    Perasaan takut mati
13.    Kesemutan atau seperti baal dan rasa seperti terbakar atau kepanasan

Keluhan fisik yang dasar fisiologisnya tidak jelas memang dikenal sehari-hari sebagai Keluhan Psikosomatik. Pasien dengan keluhan Psikosomatik biasanya mengalami keluhan fisik yang berhubungan dengan sistem saraf otonom. Keluhan jantung berdebar, sesak napas dan keluhan lambung adalah keluhan tersering yang dialami oleh pasien ini.

Dasar diagnosis keluhan psikosomatik kebanyakan adalah gangguan cemas. Dokter memang banyak yang belum memahami sepenuhnya tentang gangguan psikosomatik, kebanyakan beranggapan kalau kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya atau dengan mengupayakan berpikir positif. Sayangnya pada kondisi yang lanjut dan berat keluhan ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan berpikir positif. Pasien juga sering mengeluhkan bahwa banyak orang yang tidak percaya dengan keluhan yang dialaminya.

Saya perlu menjelaskan bahwa apa yang dirasakan oleh pasien psikosomatik dengan keluhan fisiknya adalah benar ada walaupun pemeriksaan fisik dan penunjang mengatakan dalam batas normal. Jadi tidak bohong jika pasien mengatakan jantungnya berdebar-debar, terasa sesak napas, rasa tidak nyaman di seluruh badan atau gangguan perut/lambung yang terus menerus, karena memang aktifitasi saraf otonom yang berlebihan akibat mekanisme alarm yang salah di otak bisa menyebabkan hal tersebut.

Saran saya memang ada baiknya bapak ke Psikiater yang memahami aspek psikosomatik. Hal ini agar membuat bapak lebih nyaman dan mengurangi pemeriksaan serta pengobatan yang tidak perlu. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com