Kompas.com - 14/12/2012, 16:50 WIB
EditorHesti Pratiwi

KOMPAS.com –  Bila saat ini Anda sudah memiliki resolusi diet, kenapa tak sekalian resolusi bugar? Pola makan yang sehat dan olah tubuh teratur adalah rumus mendapatkan tubuh sehat dan seksi.

Paling tidak jika memiliki tubuh langsing bukan tujuan Anda, bagaimana dengan sehat? Semua pasti ingin sehat. Apalagi ganti tahun berarti tambah umur, metabolisme makin menurun dan mulai banyak keluhan yang timbul.  Masukkan hal ini dalam resolusi bugar Anda tahun depan. Tak perlu muluk-muluk, paling penting adalah sehat, bonusnya tubuh kencang. Tertarik?

Mulai angkat beban
Jika Anda berpikir angkat beban untuk pria yang ingin memiliki tubuh berotot, pikirkan lagi! Banyak keuntungan yang bisa diraih wanita yang memasukkan angkat beban pada program latihannya. “Angkat beban akan memberikan Anda keuntungan: pemangkasan lemak perut, jantung sehat serta perlindungan tubuh terhadap kanker,” ujar Pete McCall, exercise physiologist, American Council on Exercise. Pete juga bersikeras wanita akan benar-benar langsing jika melakukan latihan angkat beban. Jangan takut tubuh Anda akan berotot seperti pria L Men atau Mr Universe, wanita tidak punya testosteron untuk membangun otot. Belum lagi bahwa latihan beban membakar lemak 40 persen lebih banyak dari kardio. Plus peningkatan metabolisme tubuh yang membuat Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan ketika Anda tidak di gym. Cukup latihan tiga sampai empat kali seminggu. Memulai dengan bobot ringan (2 hingga 5 kg).

Kurangi duduk
Kebanyakan duduk adalah hal yang buruk. "Duduk dapat menyebabkan peningkatan berat badan, peningkatan risiko diabetes, kanker, dan kematian dini," kata Madelyn Fernstrom, Ph.D, profesor psikiatri, epidemiologi, dan bedah di University of Pittsburgh Medical Center. Orang dewasa yang duduk 11 jam atau lebih per hari memiliki 40 persen peningkatan risiko kematian dalam tiga tahun ke depan dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari empat jam sehari. Fakta ini terungkap dari sebuah studi terhadap lebih dari 200.000 orang yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine. Saatnya Anda menukar kursi putar dengan bola latihan. Ini akan memaksa Anda untuk duduk tegak untuk menjaga keseimbangan, sepanjang waktu memperkuat batang tubuh Anda.

Manajemen stres
Pekerjaan menumpuk, tuntutan bos yang sepertinya tak masuk akal, jadwal sosial yang penuh, tagihan yang membengkak, pacar yang bikin hati pegal, semua itu pangkal stres Anda. Stres bukan saja membuat keriput muncul lebih cepat juga berpengaruh pada kesehatan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit mulai dari sakit kepala dan penambahan berat badan hingga sistem kekebalan tubuh yang menurun. Tubuh lesu dan penyakit jantung juga dapat dipicu oleh stres. Dan kabar buruknya, wanita lebih mungkin mengalami gejala fisik stres dibandingkan laki-laki, menurut National Institute of Mental HealthInstitut Nasional.  "Ada stres yang dapat Anda kendalikan, dan yang Anda tidak bisa," kata Fernstrom. Belajar untuk mencegah diri terserang stres. Mungkin Anda bisa mulai dengan menyederhanakan jadwal Anda, meminta bantuan bila diperlukan, dan  jangan lupa untuk bernapas. Napas dalam dan lambat mampu menghambat stres dan penghasil hormon dan  membantu tubuh rileks. Pun makanan sehat dapat melakukan banyak hal untuk mengelola stres. Jadi kelola stres Anda, hadapi dan selesaikan.
 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X