Kompas.com - 14/12/2012, 17:47 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Sikap pasangan turut menentukan keberhasilan Anda mewujudkan resolusi. Jadi, sebelum menulis resolusi jelang pergantian tahun ini, perhatikan kembali apakah Anda dan dia memiliki visi yang sejalan. Anda bisa mengenali apakah pasangan suportif terhadap resolusi Anda, melalui beberapa tanda ini:

1. Membuat Anda bersalah saat mengubah kebiasaan.
Alih-alih mengungkapkan rasa bangganya terhadap upaya Anda mengubah kebiasaan, dan berusaha mencapai tujuan, si dia justru menganggap Anda hanya memikirkan diri sendiri. Ia juga kerap memberikan komentar negatif terhadap aktivitas Anda dan mengungkapkannya ke teman-temannya.

2. Menyabotase upaya Anda.
Saat Anda sedang menjalankan salah satu resolusi, misalnya pergi ke gym untuk mencapai berat badan ideal, si dia justru menuntut waktu Anda untuk bersamanya. Contoh lainnya, saat Anda sedang diet ia dengan santainya menikmati makanan berlemak. Ia juga kerap meninggalkan anak-anak seharian bersama Anda tanpa memberikan kesempatan juga waktu kepada Anda untuk menjalankan resolusi Anda. Anda pun merasa tak punya dukungan dan kesempatan untuk menjalankan rencana dalam mencapai tujuan.

3. Mengatakan bahwa Anda tak perlu berubah.
Si dia mengatakan pada Anda bahwa Anda tak harus melakukan perubahan, dan mengabaikan inisiatif Anda. Ia merasa takut perubahan Anda akan mengancam hubungan.

4. Melakukan hal yang sebaliknya.
Ketika Anda berusaha mengubah kebiasaan, si dia merasa terancam. Pada akhirnya dia menjalankan hal sebaliknya dari yang Anda lakukan. Jika Anda berusaha bangun lebih pagi, si dia sengaja bangun siang. Saat Anda mengurangi konsumsi alkohol, dia justru semakin tak terkontrol. Anda kemudian merasa pasangan Anda melakukan berbagai hal yang berkebalikan dari Anda.

5. Lebih superior.

Ketika Anda diam-diam mulai merasa tak suka dengan sikap pasangan, dan merasa lebih superior ini petanda tak baik. Hubungan berpasangan pun mulai terganggu. Ini waktunya Anda dan dia bicara jujur, mengenai hubungan dan apa yang menjadi tujuan personal Anda juga dia. Dengan saling memahami tujuan masing-masing, terutama terkait pengembangan diri, Anda dan pasangan bisa lebih saling mendukung dalam mewujudkan resolusi personal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X