Kompas.com - 18/12/2012, 14:44 WIB
EditorHesti Pratiwi

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi pada dasaranya bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Termasuk alat dapur, semua itu sangat berguna bagi perempuan dalam memudahkan pekerjaan sehari- harinya, lebih praktis dan memangkas waktu lebih sedikit.

Selain kemudahan dalam memasak menjadi lebih praktis microwave juga dapat mengurangi penggunaan minyak, menjaga kandungan vitamin dalam sayuran serta membantu mencairkan makanan beku. Paling sering adalah menghangatkan makanan bila kebetulan pulang terlambat. Namun, Anda juga perlu memerhatikan rambu-rambu dalam memasak makanan menggunakan microwave:

• Baca buku manualnya baik-baik. Merek yang berbeda memiliki spesifikasi yang berbeda dalam memasak.

• Jika Anda berencana untuk menggunakan makanan beku sebagai bahan, baca aturan yang tertera pada kemasan baik-baik.

• Sadarilah apakah oven microwave Anda memiliki waktu memasak lebih lama atau lebih pendek dari rata-rata.

• Rutin bersihkan oven microwave Anda, karena kebersihan akan memengaruhi operasi yang efisien energi gelombang mikro. Sebuah oven microwave kotor  akan memasak lebih lambat dan tidak merata.

• Jangan menambahkan kabel ekstensi untuk kabel microwave oven. Oven microwave harus menggunakan rangkaian yang terpisah.

• Jangan menghubungkan peralatan lain untuk sirkuit yang sama. Energi listrik yang berkurang memengaruhi proses memasak dan dapat membuat microwave rusak.

• Jangan gunakan pembungkus plastik dari makanan didinginkan dibeli dalam oven microwave karena mereka bisa meleleh.

• Jangan gunakan wadah yang tidak aman / non-microwave. Entah wadah atau microwave itu sendiri yang akan rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.