Kompas.com - 19/12/2012, 07:46 WIB
EditorHesti Pratiwi

T: Dok, sebenarnya apa efek dari minum rebusan daun sirih bagi kesehatan rahim? (Rani,28)    

J: Dear : Rani
Daun sirih sangat populer digunakan dalam pengobatan herbal atau tradisional di masyarakat. Hal ini disebabkan kandungan senyawa fitokimia yang terdapat dalam ekstrak daun sirih seperti : alkaloid, saponin, tannin, flavonoid dan minyak atsiri. Seluruh kandungan ini sangat baik karena memiliki aktivitas antiseptik, desinfektan maupun anti jamur.

Namun penelitian mengenai kegunaan rebusan daun sirih memang sangat terbatas, apalagi jika dinilai efeknya terhadap rahim. Ada beberapa penelitian yang melihat efek ekstrak daun sirih terhadap pertumbuhan jamur dan bakteri penyebab keputihan.  Hingga saat ini penelitian langsung terhadap manusia dengan cara meminum hasil rebusan daun sirih memang belum dilakukan. Oleh karena itu, efek daun sirih terhadap rahim secara ilmu kedokteran memang masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.