Resolusi Tanpa "Passion" Sulit Mencapai Tujuan

Kompas.com - 28/12/2012, 18:46 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Agar resolusi terwujud, butuh passion sebagai penggerak utamanya. Apa pun resolusi yang tengah Anda rencanakan atau jalani kini untuk kehidupan lebih baik di tahun depan, takkan berhasil jika passion tak menyertainya.

Career Coach Rene Suhardono mengatakan resolusi atau life plan merupakan pertahapan dalam mencapai tujuan. Artinya, untuk bisa mengarungi tujuan butuh resolusi. Resolusi bisa mencakup rencana jangka panjang lima tahun misalnya. Atau biasanya menjelang pergantian tahun orang juga mulai sibuk menyusun resolusi.

Saat merancang rencana hidup pastikan Anda didorong oleh passion atau lentera jiwa. Dengan kata lain, jangan membuat resolusi jika tak berasal dari dalam hati. Percuma saja membuat resolusi jika tujuannya hanya ikut-ikutan, bukan berdasarkan dorongan dari dalam diri. Karenanya, penting untuk memahami apa passion Anda agar resolusi apa pun yang Anda buat bisa membantu mencapai tujuan.

Rene mengatakan yang juga perlu dipahami adalah passion itu sendiri bukan keinginan. "Aktivitas yang jika dilakukan membuat Anda merasa berdaya. Harus banyak eksperimen, perlu dijalani lebih dahulu baru tahu apa yang menjadi passion Anda,"jelasnya saat talkshow "Life Resolution Sequis Life" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Rene menyarankan, tuliskan resolusi Anda dengan dorongan dari dalam hati. Anda juga perlu berhati-hati sebelum menentukan resolusi, berhati-hati dengan pikiran. Karena apa yang Anda pikirkan bisa terjadi, namun jika tak punya kendali terhadap pikiran, hal sebaliknya dari apa yang Anda pikirkan juga bisa saja Anda alami.

"Resolusi adalah hal sebenarnya tentang Anda, hal besar tentang Anda. Tentunya semua terserah Anda, kembali kepada Anda," jelasnya.

Sebagai catatannya, jangan pernah membuat resolusi karena terpaksa atau dipaksa membuatnya. Tapi lebih peka lah kepada lentera jiwa Anda supaya ia membimbing Anda membuat rencana dalam hidup, menjadikan Anda pribadi yang lebih bahagia, menjalani apa yang selama ini Anda impikan dalam karier, hubungan berpasangan, hubungan sosial, finansial dalam berbagai sisi kehidupan Anda yang lainnya.

 

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X