Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2013, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Hampir setiap orang punya resolusi dan rencana di setiap awal tahun. Misalnya, mendapatkan pekerjaan baru, menikah, sampai menurunkan berat badan. Hanya saja, tidak semua resolusi ini tercapai. Akhirnya banyak orang yang enggan punya resolusi.  Akan tetapi tahukah Anda penyebab utama kegagalan resolusi Anda?

Penelitian dari Ohio State University mengungkapkan bahwa penyebab utama kegagalan Anda mewujudkan resolusi adalah pikiran negatif Anda sendiri. "Pikiran negatif bisa menandai pikiran Anda dan membuat perbedaan tentang cara Anda menggunakan otak untuk berpikir dan berusaha," ungkap Richard Petty, salah satu peneliti dari Ohio State University.

Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa siswa SMA di Amerika. Mereka diminta untuk menuliskan semua pikiran negatif atau positif tentang tubuhnya dalam waktu tiga menit. Setelah ditulis, mereka diminta untuk melihat kembali semua tulisan yang sudah mereka buat sambil direnungkan. Kemudian separuh siswa diharuskan membuang kertas-kertas tersebut ke dalam tong sampah. Sedangkan separuhnya lagi diharuskan untuk tetap membaca, merenungkan kata-kata tersebut sambil memeriksa tata bahasanya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang tidak membuang kertasnya ke tong sampah dan serius memeriksa kesalahan tata bahasa mereka akan merekam pesan-pesan tersebut lebih lama dalam otak mereka, baik pesan positif maupun negatif tentang tubuhnya.Ternyata, Jejak kalimat yang terekam dalam otak akan memengaruhi cara pandang dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

Peserta yang menuliskan pikiran positif tentang diri mereka akan punya sikap positif dibanding yang menuliskan sisi negatif tubuh mereka. Sisi positif ini akan membantu Anda untuk bisa berpikir positif terhadap segala sesuatu sehingga bisa menuntun Anda melakukan berbagai hal positif dalam hidup dan sebaliknya.

Sedangkan siswa yang membuang kertas ke dalam tong sampah ini menunjukkan hasil bahwa siswa-siswa ini tak lagi memikirkan kalimat yang tertulis dalam kertas karena kalimat ini tidak berdiam di pikiran mereka. Ketika para siswa membuang kertas yang berisi kesan positif maupun negatif tentang tubuhnya, secara tak langsung mereka akan sulit melakukan perbaikan dan perubahan diri. Penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science ini mengungkapkan bahwa ketika menuliskan pikiran mereka pada selembar kertas dan kemudian membuangnya jauh-jauh, maka mereka membuang pikiran dan mental mereka juga.

Maka sebelum menentukan resolusi 2013 yang lebih tinggi, upayakan untuk punya resolusi bisa berpikir positif terlebih dulu. Jika Anda pikiran negatif dan sifat pesimis di tahun baru ini,sebaiknya tuliskan di kertas dan lemparkan ke tong sampah. Tinggalkan semua pikiran negatif dan sifat pesimis di tahun ini. Jangan biarkan pemikiran yang tak diinginkan membuat Anda down dan gagal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com