Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2013, 08:43 WIB

KOMPAS.com - Makan siang menjadi sangat penting bagi Anda. Istirahat akan menyegarkan fokus Anda saat kembali bekerja.  Plus, hal yang Anda lakukan saat makan siang akan mengubah sisa hari Anda dengan lebih bersemangat.  Cobalah untuk memanfaatkan waktu makan siang Anda dengan dengan satu (atau semua) dari tips ini bermanfaat dan lihatlah perubahan pada kinerja Anda.
 
• Bergerak
Tenang, kami tidak menyuruh Anda lari ke gym terdekat dan berolahraga (meski ini ide bagus) jika tak punya waktu banyak.  Anda dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dengan berjalan kaki ke tempat makan siang Anda. Jika Anda membawa  bekal makan siang Anda untuk bekerja, gunakan waktu ekstra untuk berjalan ke suatu tempat untuk  mencari tempat makan makanan buatan sendiri. Jangan makan di meja kerja yang dapat menyebabkan meja kotor, atau aroma yang mengganggu rekan lain.

• Asup makanan pembangkit energi
Alih-alih lemak dan karbohidrat berat yang dapat menambah bobot Anda, memilih protein tanpa lemak seperti ayam, salmon, dan telur rebus adalah suatu keharusan untuk makan siang karena Anda melakukan sebagian besar produktivitas Anda sepanjang hari. Memasangkannya dengan buah-buahan segar atau sayuran untuk membawa Anda kembali ke kursi kantor Anda merasa puas dan terjaga.

• Hirup udara segar
Keluar dari tempat kerja Anda dapat mengubah energi Anda sendiri, sehingga akan luar ruangan dan mendapatkan embusan angin di paru-paru Anda bahkan membangkitkan energi (lebih baik daripada terkurung terus dalam ruangan).  Bahkan di tengah-tengah kota yang ramai, Anda dapat menemukan kedamaian di udara terbuka.

• Bergaul
Bertemu orang dari departemen lain dan membuat kontak mata dapat membantu Anda tetap terjaga dan mengusir kantuk.  Namun tidak semua orang  nyaman menegur lebih dulu. Luangkan waktu untuk mengobrol  dengan rekan kerja atau menelpon teman dekat Anda.  Hal ini dapat membantu mengatur ulang pikiran Anda dan membuat Anda kembali ke bekerja  dengan sikap yang lebih baik dan lebih banyak energi.

• Isi ulang energi
Nantikan sesuatu yang dapat membawa kembali ke meja Anda, seperti teh. Hanya karena istirahat makan siang tidak berarti Anda tidak dapat membawa (atau membuat di kantor) sesuatu untuk menjaga momentum semangat. Antioksidan-yang ada dalam teh hijau bisa memberikan energi. 

Baca juga:  Teh "Peppermint" Pembangkit Stamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com