Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2013, 07:38 WIB

KOMPAS.com-  Segelas koktail atau wine dapat membantu  untuk bersantai. Tapi hati-hati, terlalu banyak  atau terlalu sering mengasup minuman beralkohol justru dapat memperburuk kehidupan seks Anda dengan pasangan.

Mungkin ada yang mengklaim merasa lebih seksi dan berani berekspresi bila meneguk alkohol. Namun itu hanyalah perasaan santai sesaat. Kenyataannya ini yang terjadi pada bagian organ seks tubuh Anda saat menyesap minuman yang memabukkan itu.

1. Alkohol adalah depresan sistem saraf pusat
Alkohol dapat menghambat sistem saraf pusat yang penting untuk gairah seksual dan orgasme - respirasi, sirkulasi dan sensitivitas ujung saraf. Semua ini penting untuk perasaan relaks dan kelancaran peredaran darah ke area organ vital yang membantu mencapai kenikmatan.

2. Alkohol menyebabkan  tubuh dehidrasi
Gairah seksual membutuhkan volume tertentu darah untuk membawa oksigen dan sensasi yang lebih besar untuk alat kelamin. Proses ini terkait dengan ereksi (pada pria) dan pelumasan (pada wanita). Dengan  kurang cairan dalam tubuh dan dengan sistem saraf tertekan, tubuh harus berjuang lebih keras.

3. Alkohol = afrodisiak?
Alkohol memiliki reputasi sebagai afrodisiak. Tapi apakah itu benar? Jawabannya terletak di moderasi atau anyaknya jumlah alkohol yang diminum. Berapa jumlah alkohol yang bisa membangkitkan gairah? Bagi setiap orang sangat beragam tergantung pada berat badan, jenis kelamin dan faktor lainnya. Tetapi terlalu banyak dan terlalu sering minum akan menghambat kemampuan tubuh kita untuk merespon secara seksual:

4. Sedikit ereksi
Alkohol dalam jumlah besar (atau diminum rutin dalam jangka panjang)  telah dikaitkan dengan masalah ereksi. Dehidrasi akibat  minuman alkohol menyebabkan volume darah kurang dan peningkatan angiotensin, hormon yang berhubungan dengan disfungsi ereksi.

5. Ejakulasi tertunda
Pada tahun 2004, sebuah studi menemukan 11 persen dari pengguna alkohol cenderung memiliki masalah mencapai orgasme. Para pria mengalami kesulitan ejakulasi sedangkan wanita membutuhkan rangsangan lebih untuk mencapai orgasme daripada wanita yang hanya social drinker atau tidak  minum alkohol sama sekali.

6. Kekeringan vagina
Dehidrasi yang terjadi akibat konsumsi alkohol juga terjadi di area bawah sana.  Konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan vagina Anda kering.  Akibatnya seks akan menjadi kurang nikmat. Bahkan,dehidrasi umum  ketika minum alkohol dapat berkontribusi kelelahan dan sakit kepala.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com