Pakai Kosmetik Kedaluwarsa Bisa Bikin Infeksi

Kompas.com - 11/01/2013, 10:13 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Perempuan pada umumnya suka membeli produk kosmetik, tetapi tidak rutin menggunakannya sehingga barang-barang tersebut disimpan saja hingga bertahun-tahun. Bahkan sebuah survei mengungkapkan bahwa kita masih menyimpan make-up enam tahun setelah masa kedaluwarsanya. Nah, Anda tahu nggak kalau kosmetik expired bisa mengandung racun dan bakteri, dari jerawat hingga infeksi mata?

Setiap produk kosmetik biasanya memang sudah mencantumkan tanggal kedaluwarsanya. Menurut Escentual.com, eyeshadow adalah produk kosmetik yang usianya paling lama. Tetapi, perempuan biasanya menyimpan eyeshadow selama tujuh tahun, atau enam tahun setelah tanggal kedaluwarsa. Sebanyak enam persen perempuan bahkan mengatakan bahwa mereka masih memakai eyeshadow yang usianya lebih dari 14 tahun.

Produk berikutnya yang paling lama ngendon di tas make-up adalah lipstik dan foundation cair, yang masing-masing bisa tersimpan selama empat dan tiga tahun (tiga tahun lebih lama daripada seharusnya). Lipstik yang sudah kedaluwarsa bisa menjadi tempat berkembang-biak bakteri yang menyebabkan gatal-gatal. Foundation cair, blush on, bronzer, concealer, dan bedak wajah yang digunakan selepas masa kedaluwarsa bikin menyumbat pori-pori dengan bakteri penyebab iritasi, jerawat, dan ruam-ruam.

Di lain pihak, maskara adalah produk yang usianya paling pendek, yaitu empat bulan. Namun 17 persen perempuan mengatakan bahwa mereka menggunakan maskara yang usianya sudah delapan tahun. Padahal, efeknya bisa paling parah jika masih diaplikasikan setelah expiry date, yaitu infeksi mata.

"Kita semua bersalah karena mengaplikasikan pewarna mata dan bibir dengan harapan produk-produk tersebut akan kembali ngetren, tapi make-up dengan mudah bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri seperti satphylococcus aureus dan staphylococcus epidermis," papar Emma Leslie, Beauty Editor di Escentual.com.

Leslie menjelaskan, maskara bisa menyebarkan infeksi mata karena produk kecantikan yang diaplikasikan di sekitar mata menimbulkan risiko terbesar terjadinya infeksi, dan dapat menyebabkan konjungtivis dan blefaritis bakteri, peradangan kelopak mata.

Ia menyarankan Anda untuk selalu mengecek tanggal kedaluwarsa dari berbagai produk kosmetik yang Anda simpan. Produk yang paling cepat habis biasanya bedak wajah, blush on, dan bronzer, namun toh produk-produk tersebut biasa disimpan setahun lebih lama daripada seharusnya. Begitu Anda menyadari ada produk yang sudah begitu lama tersimpan di tas kosmetik (bahkan baunya pun sudah berubah), segera buang ke tempat sampah.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X