"Retrospection" Busana Muslim dari Up2date

Kompas.com - 12/01/2013, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam perkembangannya, baju muslim kini juga mengikuti perkembangan tren fashion. Busana tertutup dan santun sudah menjadi pakaian keseharian yang dikenakan sepanjang tahun seperti layaknya busana lain. Para pemakai busana muslim pun berlomba-lomba untuk menyesuaikan diri dengan tren yang berkembang dengan tetap berpegang pada kaidah yang berlaku.

Untuk memberi pilihan busana muslim yang sesuai tren, Up2date menggelar peragaan busana muslim bertajuk "Retrospection".

"Sekarang ini tren busana muslim sudah kembali berputar seperti beberapa tahun sebelumnya. Tahun ini, busana muslim akan didominasi busana yang lebih simpel dan sederhana," ungkap Irna Mutiara, desainer Up2date saat konferensi pers "Retrospection" di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2013) lalu.

Irna menambahkan, bahwa tema ini merupakan sebuah interpretasi kembali koleksi-koleksi Up2date pada tahun 2005-2006 yang dilatarbelakangi unsur mode pada era 1950-1960-an yang tersublimasi menjadi gaya masa kini.

Dalam fashion show ini, Up2date menampilkan gaya busana muslim ini ke dalam siluet busana masa kini yang tampil ringan, santai, dan nyaman. Bahkan jilbab yang digunakan sebagai paduan apik busana muslim ini mengadaptasi gaya capuchon atau topi tudung. Selain dibuat menyambung dengan jubah, atasan atau terusan, capuchon ini juga dihadirkan secara terpisah dari baju. Fashion show ini menampilkan 60 set busana yang dibagi menjadi empat sekuens dengan tema berbeda.

Sesi pertama busana muslim ini menampilkan tema "Ocean Motion". Tema ini menginterpretasikan gaya busana muslim dalam nuansa gaya kelautan (nautical) yang menyegarkan. Sekuens ini mengangkat motif geometris yang populer pada tahun 1950-an ala bajak laut. Busana ini juga menampilkan siluet yang simpel dan ringkas. Cutting yang banyak dihadirkan antara lain blazer, celana panjang, blus, tunik, gamis, jaket, dan atasan dengan kerah berkelepak (berlidah) lebar.

Untuk menghadirkan kesan laut yang kental, warna merah, putih, dan biru mendominasi sekuens ini. Sentuhan warna pasir gurun yang keemasan juga ditampilkan agar tak terkesan monoton.

1

Kentalnya suasana pedesaan juga tak luput dihadirkan dalam fashion show ini. Dengan mengusung tema "Country Retreat", Up2date menghadirkan gaya busana tahun 1950-an yang kental dengan nuansa motif kotak-kotak dan bunga-bunga. Untuk memperkental unsur pedesaannya, warna coklat tanah digunakan dalam busana ini. Cutting-nya banyak menampilkan gaun berpotongan di pinggang yang dipadu dengan rompi dari bahan denim berjumbai. Tak ketinggalan, suspender dan sepatu bot juga digunakan untuk melengkapi penampilannya.

2

Jika ingin terlihat lebih serius dan menonjolkan kekuatan perempuan, koleksi busana dalam sekuens "Femme Valiant" bisa jadi pilihan untuk Anda. Koleksi ini tampil dalam busana bergaris tegas dan memunculkan karakteristik perempuan yang punya kekuatan memimpin namun tetap tampil feminin. Cutting busana yang dihadirkan antara lain rompi, jaket parka, jaket bomber, sepatu bot, aksen kancing, dan gaya tuxedo. Warna-warna hijau tentara, krem, dan aksen merah juga semakin memperkuat kesan tegasnya.

3

Busana muslim juga bisa digunakan untuk menghadirkan kesan glamor untuk acara pesta. Busana yang mengandung unsur keemasan, keperakan, hitam gemerlap, dan pita cantik yang mempermanis penampilan tampil sebagai detail cantik busana muslim ini. Meski berbau glamor, namun busana ini masih bersiluet ringkas dan sederhana dalam cutting busana seperti blazer, rok, blus, dan gamis.

4

FOTO-FOTO : ARSELAN GANIN



EditorDini

Close Ads X