Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2013, 08:54 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda kerap menyatakan, “Saya akan diet, tapi nanti saat Senin saja." Pada akhirnya, ketika Senin tiba Anda kembali mengubah pernyataan untuk hari yang lain. Hati-hati, penunda diet hanya akan menggagalkan keseluruhan program penurunan berat badan.

Kebanyakan penunda diet tak tahu pentingnya menurunkan berat badan. Mereka hanya ingin mendapatkan berat badan yang lebig baik, tapi tak pernah mewujudkannya. Padahal akan selalu ada dampak kesehatan jika berat badan berlebih dibiarkan menahun.

Sebaiknya, atur strategi untuk membantu Anda keluar dari kebiasaan menunda diet. Berikut beberapa tips yang akan memandu Anda:

1. Buat daftar baik dan buruk. Salah satu alasan untuk menunda-nunda adalah Anda merasa tidak pasti tentang  program menurunkan berat badan. Dengan membuat daftar baik dan buruk, Anda bisa menindaklanjuti rencana penurunan berat badan. Ini akan membuat Anda lebih memahami alasan untuk tidak menunda-nunda. Sebagai contoh, Anda mungkin khawatir akan harus menghabiskan terlalu banyak uang untuk makan makanan sehat atau pada keanggotaan pusat kebugaran. Jika kesulitan membuat daftar ini, konsultasikan dengan ahli diet dan nutrisi untuk memecahkan masalah dan hambatan yang Anda rasakan.

2. Tetapkan tujuan jangka pendek. Ini sering membantu memecah tujuan jangka panjang dalam menurunkan berat badan. Menetapkan tujuan jangka pendek akan membantu Anda mengalami manfaat langsung dan membantu menjaga motivasi. Misalnya, selalu sarapan dan berjalan sehari-hari (ini adalah dua tujuan jangka pendek) akan memberikan tambahan energi (ini adalah manfaat langsung yang dirasakan). Hingga akhirnya, membantu mengelola berat badan menjadi lebih baik (ini adalah manfaat jangka panjang).

3. Mendorong diri sendiri.
Adalah sifat yang umum, penunda mudah terganggu oleh hal-hal yang terjadi di lingkungannya. Penelitian menunjukkan, isyarat lingkungan dan pengingat tujuan diet dapat membantu Anda mematuhi diet dan berolahraga demi tujuan jangka panjang penurunan berat badan.

Lihatlah sekeliling dan buat beberapa perubahan kecil yang akan membantu Anda tetap fokus pada program. Contohnya, tulis pengingat latihan di kalender harian dan meletakkan sekeranjang buah segar di meja dapur. Ini akan membuat Anda tidak meninggalkan olah raga dan makan makanan sehat.

4. Beri reward pada diri sendiri. Menghargai diri sendiri untuk keberhasilan yang telah dicapai, dapat menjadi strategi yang efektif menjaga program penurunan berat badan. Reward juga layaknya penghargaan ketika Anda berprestasi, di mana akan membantu meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri sehingga dapat meraih tujuan.
Apakah itu karena Anda mampu makan lebih sedikit fast food, minum lebih banyak air putih, atau mengurang porsi makan siang. Jangan lupa rencanakan reward diri sendiri seperti, memanjakan diri menikmati spa, membeli atau menonton film kesukaan, atau sekadar menikmati berendam air hangat yang menyenangkan.

(Tabloid Nova/Laili)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com