Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: E-ticketing Transjakarta Dukung Cashless Society

Kompas.com - 22/01/2013, 10:44 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah provinsi DKI Jakarta akhirnya menggandeng lima bank untuk menyediakan kartu prabayar tiket Transjakarta. Ini akan memudahkan sistem pembayaran di loket TransJakarta. Kelima bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank DKI.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengatakan, kartu prabayar ini sudah digagas sejak lima bulan lalu. Ini akan memudahkan masyarakat dalam pembayaran tiket transportasi di Jakarta.

"Penggunaan kartu prabayar ini juga dilakukan untuk mendukung cashless society," kata Ronald saat peluncuran di Lapangan Monas Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Sementara Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo menyebutkan, pihaknya menyediakan beberapa jenis kartu prabayar yang dapat digunakan untuk tiket TransJakarta. Kartu tersebut adalah kartu prepaid BNI generik, BNI prepaid maupun kartu lainnya yang merupakan hasil kerjasama dengan partner BNI.

Kartu kerjasama partner itu adalah kartu intermoda (kartu prepaid untuk bus TransJogja dan Bus batik Solo yang bekerjasama dengan BRI, BCA dan Kereta Api Prambanan Ekspres), RailCard (kartu prepaid untuk pembelian tiket kereta api eksekutif), Mekarsari (Taman Buah) dan lainnya.

"Kartu lainnya yang bisa digunakan adalah Kartu Aku, Chelsea dan Java Jazz Festival," kata Gatot.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaadmadja menyatakan, komitmen kerjasama ini merupakan komitmen perbankan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mendukung peningkatan layanan di sektor transportasi massal.

"Ini akan memberikan kemudahan pembayaran bagi penggina TransJakarta," kata Jahja.

Adapun Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi menjelaskan, penerapan e-ticketing ini merupakan upaya peningkatan pelayanan pengguna TransJakarta. Pihaknya menyediakan kartu prabayar bernama e-money.

"Ini akan memberikan kenyamanan dalam menggunakan transportasi umum," kata Riswinandi.

Sedangkan Direktur Utama BRI Sofyan Basir mengatakan, pihaknya menyediakan kartu prabayar Brizzi. Kartu tersebut juga bisa digunakan untuk berbagai merchant seperti supermarket, minimarket, foodcourt, SPBU, jasa transportasi dan merchant-merchant lainnya.

Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono menambahkan pihaknya menyediakan kartu prabayar JakCard. Kartu ini sudah diimplementasikan di koridor 1-8. Layanan etickting ini akan diujicoba untuk koridor 1 Blok M-Kota. Sedangkan koridor lainnya baru dimulai bulan Februari-April 2013.

Sementara untuk penjualan kartu post-launching akan dilakukan di 13 shelter, yakni Blok M, Dukuh Atas, Sarinah, Harmoni, Kota, Pulogadung, Arion, Utan Kayu, Manggarai, Ragunan, GOR Sumantri, Mampang dan Kuningan Barat.

"Kerjasama ini akan dilanjutkan dengan menggunakan e-ticketing di sarana transportasi lainnya yaitu kereta api, kopaja hingga monorel nanti," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com