Kopaja Mulai Masuk Jalur Transjakarta

Kompas.com - 22/01/2013, 14:10 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain berhasil meluncurkan penerapan sistem e-ticketing untuk pembayaran bus transjakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga melakukan revitalisasi transjakarta dan melakukan integrasi kopaja AC S13 (Ragunan-Grogol) dan P20 (Lebak Bulus-Senen) di jalur transjakarta.

"Selain sistem e-ticketing yang dapat mengurangi antrean, juga ada revitalisasi armada di Koridor I, penggantian operator Koridor I dari JET ke Damri, dan integrasi kopaja AC ke jalur busway transjakarta," kata Jokowi seusai meluncurkan e-ticketing transjakarta di Silang Monas, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Integrasi kopaja AC akan dilakukan untuk kopaja P20 (Lebak Bulus-Senen) dan kopaja S13 (Ragunan-Grogol) yang terintegrasi dengan Koridor VI (Ragunan-Dukuh Atas) dan Koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni). Dalam pelaksanaan integrasi kopaja AC ke jalur transjakarta, saat ini sarana angkutan tersebut telah memiliki kesiapan mengikuti sistem yang berlaku di transjakarta, antara lain bus memiliki dek tinggi dan pintu sebelah kanan.

Dengan berlakunya integrasi ini, penumpang transjakarta cukup membeli tiket seharga Rp 5.000. Tarif tiket ini berlaku untuk kopaja AC dan transjakarta. Jika membeli tiket di halte bus tranjakarta, dikenakan Rp 8.500. Rinciannya, Rp 3.500 untuk transjakarta dan Rp 5.000 untuk kopaja AC.

Sementara itu, untuk penambahan bus transjakarta, hari ini, Pemprov DKI telah menambah sebanyak 66 bus gandeng untuk Koridor I. Pemprov DKI juga menyediakan  36 bus di Koridor XII (Pluit-Tanjung Priok) yang belum dapat dipergunakan karena koridor tersebut belum diresmikan akibat belum dapat dilewati setelah tergenang air banjir.

"Selain itu, hari ini juga merevitalisasi sebanyak 40 kopaja AC. Ke depannyak nanti kita tambah 40 lagi," ujar Jokowi.

Tahun ini Pemprov DKI merencanakan penambahan 450 bus transjakarta dengan rincian 150 bus gandeng dan 300 bus single. Selain transjakarta, tahun ini juga akan ada penambahan sebanyak 1.000 kopaja dan metromini. Ia juga membantah peluncuran segala macam program transportasi itu berkaitan dengan 100 hari kerja Jokowi-Basuki yang jatuh pada hari ini.

Baca tentang
    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Ikut


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X