Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2013, 20:39 WIB

KOMPAS.com – Mungkin Anda sudah tahu kalau wastafel adalah bagian terkotor atau rawan bakteri di rumah, terutama dapur. Selain karena kondisinya yang selalu lembab, di wastafel juga banyak terdapat sisa-sisa makanan yang menempel pada lubang pembuangannya. Ini yang menjadi alasan kenapa bakteri berkumpul dan berkembang biak.

Namun Anda juga perlu tahu, ternyata wastafel bukan satu-satunya tempat paling kotor di dapur. Menurut majalah More, membersihkan tombol-tombol oven dan kompor gas sama pentingnya dengan rutin membersihkan wastafel. Tombol oven atau kompor gas sering tersentuh oleh tangan kotor setelah memegang segala jenis bahan makanan. Untungnya, ada cara yang bagus untuk membersihkannya tanpa menggunakan bahan pembersih kimia.

Pertama, lepas satu-satu tombol kompor gas, lalu rendam dalam semangkuk cuka putih (Jika Anda tidak dapat melepas tombol, semprot saja secara menyeluruh). Langkah berikutnya, semprotkan bagian dalam oven dengan cuka dan biarkan selama 30 detik. Setelah itu lap seluruh bagian permukaan oven dengan kain bersih. Jangan lupa lap juga bagian tombol yang direndam atau disemprotkan cuka.

Ini adalah cara yang sangat cepat untuk memastikan Anda mencegah penyebaran bakteri di rumah Anda. Plus, setelah Anda mengurus tempat yang sering terabaikan ini, Anda akan puas melihat hasilnya. Kompor bersih dan mengilap seperti baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com