Kompas.com - 23/01/2013, 11:19 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Dibandingkan dengan perkakas rumah tangga lainnya seperti kompor, mungkin Anda tak menyangka bahwa setrika juga harus dibersihkan. Selama ini, banyak ibu rumah tangga yang hanya merawat setrika dengan cara seadanya, misalnya menjaganya agar tak berdebu dan menggulung kabelnya dengan benar agar tak mudah putus.

Namun pernahkah Anda memperhatikan kebersihan lempengan besi setrika? Bagian ini merupakan lapisan antilengket dari setrika yang bisa menghantarkan panas dan melicinkan pakaian. Ibu rumah tangga biasanya enggan membersihkan bagian karena ini takut korsleting dan rusak.

Lempeng besi setrika termasuk bagian yang paling sering bersentuhan dengan berbagai macam permukaan kain, dan menyebabkan timbulnya goresan. Goresan ini akan membuat bakteri lebih mudah menempel. Akibatnya, setrika ini bisa saja menyebarkan bakteri ke pakaian Anda. Selain itu jika tak pernah dibersihkan, lapisan ini juga bisa menjadi lengket dan mengurangi daya panasnya.

Untuk menghindari hal ini Anda bisa membersihkan lapisan besi setrika dengan menggunakan baking soda. Buatlah pasta dari satu sendok makan air dan dua sendok makan baking soda. Campur sampai rata dan butirannya halus. Kemudian oleskan baking soda ke lempengan besi setrika Anda dengan menggunakan spatula.

Setelah merata di semua bagian, bersihkan baking soda dengan menggunakan kain lembab, lalu keringkan. Pastikan setrika ini benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya kembali.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.