Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2013, 19:02 WIB

Hidup di kota besar seperti Jakarta memang harus siap menghadapi segala kemungkinan, salah satunya adalah kemacetan yang kian hari kian mengular.

Bayangkan bagaimana rasanya apabila kita punya janji dengan kolega namun, kondisi kita berantakan dan telat karena macet padahal kita sudah mempersiapkan waktu perjalanan yang lebih lama dari biasanya. Hal pertama yang biasanya kita lakukan adalah menelpon kolega kita untuk meminta maaf karena kita telat. Tetapi jangan salah, masalah-masalah kecil yang kita hadapi tersebut tanpa kita sadari bisa membuat stress.

Dampak stress karena berhadapan dengan masalah seperti kemacetan, selain dapat memecah konsentrasi,  juga membuat kita grogi dan tidak fokus saat bertemu dengan kolega.  Tapi tahukah kamu, stress karena masalah yang kita anggap sepele tersebut, ternyata juga dapat memicu hadirnya ketombe. Jadi, selain malu karena kusut dan semrawutnya penampilan, kita juga hilang percaya diri karena banyaknya ketombe yang akan betebaran di bahu.

Selain terpaan sinar matahari dan dan dampak polusi yang tingi, stress dan ketombe memang punya hubungan yang erat. Saat kita sedang stress, hormon dalam tubuh (hormon androgen) akan memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak (sebum) di daerah kepala kita, sehingga jamur malassezia tumbuh lebih banyak dan akhirnya ketombe.

Ketombe yang bukan karena faktor genetik seperti halnya dipicu oleh stess masih bisa disembuhkan dengan cara selalu berusaha menghindari stress. Jangan lupa juga tentunya kita bisa terhindar dari ketombe dengan selalu menjaga kebersihan, kesehatan, dan nutrisi kulit kepala agar ketombe tidak datang lagi.

Untuk menjaga kebersihan kulit kepala dari ketombe sangat disarankan untuk merawat rambut secara rutin, seperti mencuci rambut dua hari sekali. Akan tetapi dalam memilih perawatan rambut terutama shampo, jangan lupa untuk memilih produk shampo anti ketombe yang mengandung  Zinc karena dipercaya dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan ketombe di kulit kepala.

Complete Soft Care shampo dan kondisioner dari CLEAR adalah salah satu produk perawatan kulit kepala yang mengandung Zinc. Bahkan, kandungan Zinc dalam produk ini setara dengan 1000L air mineral sehingga mampu menutrisi kulit kepala dan mencegah ketombe datang lagi. Jadi, mulai sekarang tidak ada salahnya kita lebih jeli memilih produk perawatan kulit kepala dengan memilih CLEAR  Complete Soft Care Shampoo misalnya. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com