Ikan Teri Tak Baik untuk Asam Urat?

Kompas.com - 01/02/2013, 09:50 WIB
EditorDini

T:
Benarkah bahwa ikan teri halus dan buah nenas tidak boleh dimakan oleh mereka yang mempunyai penyakit asam urat? Terima kasih. (Robertus Harianja, 51)

J:
Terima kasih pak Robertus atas pertanyaannya,
Penyakit asam urat merupakan suatu kondisi di mana terjadi peningkatan asam urat dalam darah. Asam urat sendiri merupakan hasil dari pemecahan purin yang didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh, dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh.

Dalam makanan sehari-hari, jumlah purin yang dikonsumsi sekitar 600-1000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari. Berikut beberapa pedoman dalam diet tersebut:
1. Hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1000 mg purin/100 rg bahan makanan) seperti:
* Daging merah, jerohan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, herring, makarel, sarden, caviar), ragi, bir, dan lain-lain.

2. Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, namun dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti:
* Jamur, asparagus, kembang kol, lentil, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

3. Bahan makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain:
* Buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas.
* Susu, keju, telur.
* Sereal, pasta, mie, nasi, kopi, coklat, dan lain-lain.

4. Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat.
5. Batasi alkohol, bir, ragi.
6. Minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X