Mengubah Sikap "Cengeng" Menjadi Kekuatan

Kompas.com - 01/02/2013, 10:39 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com – Saat rasa sedih atau kecewa muncul, termasuk kepada diri sendiri, karena gagal mencapai atau melakukan sesuatu, terima perasaan ini, namun jangan sampai terbawa dengan sikap “cengeng”. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, mengeluhkan keadaan, lebih baik ubah kelemahan menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan.

Leadership Coach dan Motivator, Ainy Fauziyah mengatakan, perempuan perlu mendapati kekuatan dalam dirinya, bisa menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya, bukan dengan bersikap "cengeng" dengan mengeluh, bergosip, sekadar “curhat” tanpa bergerak menemukan jalan keluar.

“Saat mulai cengeng, sedih, merasa lemah dan sebagainya, terima perasaan ini namun fokuslah pada tujuan. Sumber ketidakbahagiaan perempuan adalah karena aliran ‘kebatinan’ ini. Jadilah perempuan yang bisa menyelesaikan masalah bukan hanya curhat saja, tidak melakukan apa-apa,” ungkapnya saat temu media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk mengubah perasaan emosional menjadi kekuatan pendorong menuju sukses, Ainy menyarankan tiga hal.

1. Bertanyalah pada diri sendiri secara adil. Bukan dengan bertanya mengapa masalah tersebut bisa terjadi dalam kehidupan Anda, namun motivasi diri dengan bertanya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Apa sebenarnya masalah utamanya? Bagaimana menyelesaikannya? Langkah apa yang harus dilakukan?

2. Berkata positif dan bertindak. Sering-seringlah berkata positif pada diri sendiri namun imbangi dengan tindakan. Lakukan hal positif yang dapat membantu Anda mengatasi perasaan emosional dan kembali bangkit meraih apa yang ingin Anda wujudkan.

3. Fokus pada tujuan. Saat langkah mencapai tujuan terhambat berbagai masalah, fokuslah pada tujuan awal bukan pada masalahnya. Dengan begitu, meski sempat merasa sedih karena gagal di langkah awal, Anda akan kembali bangkit mencapai tujua.

“Menepati apa yang kita ucapkan akan membuat kita konsisten dengan tujuan,” tutur Ainy.

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X