Kompas.com - 04/02/2013, 09:26 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Panci-panci yang terbuat dari stainless steel memang bisa membantu mempercepat proses memasak. Namun, proses pemanasan yang terus-menerus tanpa teknik merawat yang tepat akan menyebabkan panci berubah warna, dan memperlihatkan bercak-bercak hitam sisa asap yang menempel di bokong panci.

Bercak-bercak hitam itu pasti membuat panci selalu terlihat kotor, dan membuat Anda risih memakainya. Jika memiliki masalah seperti ini, Anda tak perlu langsung membuang panci karena sisa abu yang menghitam itu masih bisa dihilangkan. Cara terbaik untuk menghilangkan noda tersebut tergantung pada materi pembuat panci. Untuk panci stainless steel, Anda bisa menggunakan cuka putih atau jus lemon.

Cuci panci dengan menggunakan cuka atau jus lemon, lalu gosok perlahan. Hindari merendamnya dalam cairan ini karena bisa membuat permukaannya berlubang. Setelah itu, cuci kembali panci ini dengan menggunakan sabun pencuci piring yang biasa digunakan. Setelah bersih, lap dengan kain bersih. Jangan membiarkan panci ini kering karena angin karena kombinasi air dan udara bisa menyebabkan karat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.