Kompas.com - 12/02/2013, 09:00 WIB
EditorDini

T:
Dok, saya pernah menjalankan Diet Dukan, dan sukses besar. Saya turun 4 kg dalam dua minggu. Tapi saya pernah baca, kalo diet tinggi protein seperti Dukan membahayakan ginjal, walaupun disertai dengan banyak minum air putih. Bagaimana menurut dokter? (Nia, 27)

J:
Dear Nia,
Betul sekali apa yang Nia baca mengenai diet tinggi protein seperti Dukan Diet. Diet tinggi protein yang disertai restriksi energi akan cepat memberikan dampak penurunan berat badan disebabkan deplesi cairan dan pembentukan benda keton dalam tubuh, yang ikut menekan nafsu makan. Efek yang tidak menguntungkan tubuh selama menjalankan diet tinggi protein antara lain:

* Kadar lemak darah dapat terganggu.
* Peningkatan kadar asam urat darah yang berasal dari pemecahan purin (sejenis asam amino) sehingga meningkatkan risiko terjadinya gout pada orang yang peka.
* Meningkatkan progresivitas gangguan ginjal pada penderita diabetes, walaupun diet tinggi protein ini hanya dijalankan dalam waktu yang singkat.
* Timbul kelelahan karena deplesi glikogen tubuh, pusing, sakit kepala, atau mual karena kehilangan sodium tubuh.
* Meningkatkan risiko terjadinya kanker akibat kekurangan antioksidan seperti vitamin A, B6, E, tiamin, folat, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan serat, yang banyak dalam sayur dan buah. Hal ini karena mereka yang menjalankan diet tinggi protein cenderung mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang sangat kurang.
* Meningkatkan progresivitas penyakit jantung koroner pada orang yang berisiko tinggi terkena penyakit ini.
* Meningkatkan kehilangan kalsium melalui urin sehingga menurunkan kepadatan tulang yang akan berakibat timbulnya osteoporosis, meskipun sudah mendapat suplementasi kalsium dan vitamin D.

Oleh karena itu untuk menurunkan berat badan secara aman, Nia dapat menjalankan diet dengan gizi lengkap dan seimbang, tidak perlu dengan diet tinggi protein.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.